Antisipasi Hewan Berpenyakit, Pemkab Lebak Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Date:

Pemkab Lebak Periksa Kesehatan Hewan Kurban
Petugas kesehatan Distanak Pemkab Lebak periksa kesehatan hewan kurban di Kecamatan Cibadak.(Banten Hits/ Fariz Abdullah)

Lebak – Sebagai langkah antisipatif masuknya hewan kurban berpenyakit, Dinas Peternakan Pemkab Lebak periksa kesehatan hewan kurban, Selasa, 7 Agustus 2018.

Kepala Bidang Kesehatan hewan Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Anmurza mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan saat pelaksanaan kurban tidak lagi ditemukan adanya hewan yang terindikasi penyakit sehingga dapat menular ke manusia.

“Kita ingin hewan kurban ini sehat, saat kurban masyarakat bisa leluasa dan tidak was-was,” kata Anmurza kepada awak media usai memeriksa kesehatan hewan di Kecamatan Cibadak, Selasa, 7 Agustus 2018.

Menurut Anmurza, pemeriksaan kesehatan dilakukan di Kecamatan Rangkasbitung juga Kalanganyar, baik di tingkat pengecer maupun peternak yang memperjual belikan hewan kurban.

“Masyarakat juga harus tahu kategori hewan yang bisa dikurbankan baik dari umur juga tekhnis lainnya,” ujarnya.

Anmurza menjelaskan hewan yang bisa di qurbankan harus berjenis kelamin laki-laki dan berusia minimal 1,5 tahun yang ditandai dengan terlepasnya salah satu gigi hewan.

“Sejauh ini kita periksa tidak ada hewab yang terjangkit penyakit berbahaya,” ucapnya.

Distanak Kabupaten Lebak, sambung Anmurza, akan terus mengawasi kondisi kesehatan hewan kurban hingga hari raya Idul Adha.

“Kalau kita temukan yang mengidap penyakit ringan, kita obati namun kalau yang parah akan kita isolasi,” pungkasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...