Beri Bantuan ke Ribuan Kader KB,  Bupati Serang Malah Diajak Wefie

Date:

Pemkab Serang Berikan Bantuan untuk Ribuan Kader KB
Bupati Serang Ratu Tatu berfoto bersama kader KB di Kabupaten Serang. Pemkab Serang memberikan bantuan kepada ribuan kader KB yang membantu pengendalian jumlah penduduk. (istimewa)

Serang –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memberikan bantuan kepada ribuan kader KB  (Keluarga Berencana),  Jumat,  14 Desember 2018. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang memberikan langsung bantuan,  langsung diserbu kader untuk berfoto bersama alias wefie. 

 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan,  bantuan diberikan sebagai bentuk apresiasi untuk kader KB yang telah berupaya melakukan pengendalian penduduk. 
 
Tatu menjelaskan, progam KB memegang peranan penting dalam upaya pengendalian penduduk, sehingga pasangan usia subur dapat memakai alat kontrasepsi yang rasional dan efektif sesuai dengan kondisi masing-masing.
 
“Kabupaten Serang terdapat 315.371  dan 75,56 % sudah menjadi akseptor KB aktif. Akan tetapi, akseptor yang menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) mencapai 24,44 % dan masih menjadi perhatian bersama,” ungkapnya.
 
Dia menilai, penggunaan MKJP kepada masyarakat merupakan solusi untuk menekan kelahiran di Kabupaten Serang.  Selain itu, pos KB dan sub pos KB memiliki target untuk mendapatkan akseptor KB MKJP dalam 1 tahunnya.
 
“Untuk pos KB, target yang harus dicapai yaitu 8 iud, 10 implant, 1 mop dan 2 mow. Sedangkan, untuk sub pos KB, target yang harus dicapai dalam 1 tahun yaitu 5 iud, 5 implant, 1 mop dan 2 mow,” imbuhnya. 
 
 
Pemkab Serang menggerakan 326 kader untuk di setiap Desa dan  1.470 kader yang ada di setiap Rukun Warga (RW) yang ada di Kabupaten Serang.
 
“Jika Pemkab Serang hanya mengandalkan pegawai kecil kemungkinan program KB ini tidak akan masuk ke Desa apalagi tingkat RW,” kata Tatu.
 
Pemkab Serang berikan bantuan ribuan kader KB
Bupati Serang memberikan bantuan kepada ribuan kader KB, Jumat, 14 Desember 2018. (Istimewa)

Ia juga berharap, bantuan operasional dapat membantu meningkatkan semangat bagi pos KB dan sub pos KB dalam menggerakan program sesuai perannya sebagai Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP).

 
“Sampai saat ini, kader tetap semangat menjalankan tugasnya dengan baik. Meskipun, bantuannya masih sama dengan tahun sebelumnya dan saya apresiasi kinerja kader yang terus bekerja tanpa lelah,” tuturnya.
 
Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A), Oyon Suryono mengatakan, Pemkab Serang memberikan penghargaan atas kinerjanya selama di lapangan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mendukung program KB yang sedang gencar sosialisasikan oleh Pemerintah.
 
“Kita akan terus meningkatkan agar kader KB terus meningkatkan program KB terutama MKJP,” ujar Oyon. (Rus) 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...