Connect with us

METROPOLITAN

Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Lebak, 4 Motor dan 2 Jembatan Hanyut

Published

on

Salah satu rumah warga di Kecamatan Bayah saat diterjang banjir bandang. (Istimewa).

Lebak- Banjir bandang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Jumat, 6 Desember 2019. Masing-masing Kecamatan Bayah dan Cibeber.

Bencana banjir yang dilaporkan menghanyutkan dua jembatan penyebrangan dan empat unit motor ini terjadi usai hujan deras mengguyur wilayah Lebak selatan sekira pukul 14.00 WIB hingga sore hari. Akibatnya sungai Cimadur meluap.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi membenarkan adanya peristiwa banjir bandang di wilayah Lebak selatan khususnya di Kecamatan Bayah dan Cibeber.

Ia mencatat banjir dengan ketinggian sekitar 60 centimeter hingga 1 meter itu terjadi di Desa Bayah Barat, Bayah Timur, dan Desa Cimancak Kecamatan Bayah, dan Desa Citorek Kidul Kecamatan Cibeber.

“Ada 4 Desa yang terpendam banjir. Dan dua jembatan di dua kecamatan tersebut yang hanyut oleh banjir bandang tersebut,” kata Kaprawi kepada awak media.

Kaprawi mengaku baru menerima laporan adanya bencana sekitat pukul 17.00 WIB. Saat ini, lanjut Kaprawi BPBD belum mengetahui data pasti dari dampak bajir bandang tersebut.

” Tim sudah meluncur ke TKP, sudah melihat kondisi real di TKP. Karena berdasarkan instruksi dari Bupati Lebak untuk terlebih dahulu penanganan kepada Masyarakat. Kita pastikan masyarakat aman terlebih dahulu, baru kita berikan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Citorek Kidul Narta mengkonfirmasi kondisi di Desa tersebut. Katanya, saat ini ada beberapa kampung yang terendam oleh banjir bandang tersebut.

“Kita saat ini sedang di TKP, data kerusakan belum pasti. Karena kami sedang memproritaskan keselamatan masyarakat terlebih dahulu,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending