Fenomena La Nina yang Langka Bakal Terjadi di Banten sampai Akhir Tahun 2020

Date:

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tarjono saat Memberikan Keterangan Pers Terkait Fenomena La Nina. (BantenHits/Tolib)

Serang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) Kelas I Serang meminta warga mewaspadai dampak fenomena La Nina, yang diperkirakan akan terjadi di Provinsi Banten.

yang terjadi di Samudera Pasifik diprediksi akan mengakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi, berpotensi terjadinya banjir, tanah longsor, dan banjir bandang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tarjono mengatakan, semua pihak harus mewaspadai bencana hidrometeorologi atau musibah banjir bagi di dataran rendah dan longsor di daerah pegunungan. 

“Jadi kepada masyarakat dihimbau waspada, tetapi jangan juga kemudian panik. Hindari berita-berita hoax, kalau ada berita yang ragu silahkan konfirmasi ke BMKG terdekat,” katanya, Kamis 15 Oktober 2020.

Menurut Tarjono, fenomena La Nina pada bulan Oktober ini sudah mulai melanda Banten dan diprediksi terjadi hingga akhir Desember 2020.

“La Nina tidak terjadi setiap tahun, boleh dibilang jarang terjadi, paling 2 tahun hingga 8 tahun kemudian baru terjadi lagi,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Tolib

    Pernah menjadi tokoh mahasiswa selama kurun perkuliahan 2015-2019, pria asal Banten Selatan ini memutuskan pilihan hidup menjadi jurnalis setelah lulus kuliah. Tolib memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...