Mengenal Bobookit; Inovasi dari Millenials Tangerang yang Dikreasi di Masa Pandemi Covid-19

Date:

Muhammad Bayu Prakoso menunjukkan aplikasi Bobookit. Berkat inovasi Bobookit, warga pehobi baca bisa meminjam buku secara online dengan metode pembayaran ‘pay as you wish’ yakni tarif suka-suka. (Foto: tangerangkota.go.id)

Tangerang – Kreativitas anak-anak muda di Kota Tangerang ini layak diapresiasi dan diteladani.

Masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung delapan bulan di Indonesia, justru mampu melahirkan sebuah inovasi.

Inovasi yang dilahirkan ini bisa membantu warga yang memiliki hobi membaca buku namun tak mampu membeli buku.

Lewat inovasi Bobookit, warga pehobi baca bisa meminjam buku secara online dengan metode pembayaran ‘pay as you wish’ yakni tarif suka-suka atau bayar sesuai yang diinginkan.

Dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkota.go.id, Bobookit dikelola lima warga Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Platform ini didirikan oleh dua Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang berasal dari Kota Tangerang Fauzan Haqi Lukita dan Muhammad Bayu Prakoso. Seiring berjalannya waktu, platform ini berkembang menjadi tim yang beranggotakan lima orang.

Project Manager Bobookit, Muhamad Bayu Prakoso, mengatakan, Bobookit yang berlokasi di Griya Kencana 2 Blok R No.36 RT. 001/Rw. 014, Sudimara Barat, Ciledug, Kota Tangerang ini, meminjamkan buku tanpa batasan harga pinjam.

“Jadi biaya sewanya mulai dari Rp 0 sampai berapapun, uangnya juga akan kembali ke pemilik buku,” katanya, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Berdiri sejak 17 Juni 2020, Bobookit melibatkan belasan orang pemberi pinjaman dengan total 411 buku. Sampai hari ini, lebih dari 50 buku dipinjamkan kepada peminjam.

“Untuk buku yang tersedia ada beberapa genre mulai dari fiksi sampai buku-buku pengembangan diri. Buku-buku yang dipinjamkan merupakan buku dari penulis populer seperti Tere Liye, Ika Natasha, hingga indie seperti Mojok dan berbagai penulis lainnya,” ungkap pria yang masih menjalani pendidikan di Universitas Gajah Mada ini.

Bayu menuturkan, saat ini Bobookit tersebar di lima region yakni D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jabodetabek dan Sumatera Barat. Bobookit juga memastikan buku yang tersedia merupakan buku original sebagai bentuk mendukung hak cipta.

“Mengingat mekanisme ‘pay as you wish’ memberikan ruang bagi peminat untuk mengapresiasi buku yang dipinjam berapapun nominalnya, ongkos kirim buku akan ditanggung oleh peminjam,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bayu, menuturkan, hadirnya Bobookit ini merupakan upaya ia dan empat orang rekannya untuk meningkatkan literasi dikalangan anak muda.

“Generasi milenial harus gemar baca buku, nah ini salah satu yang bisa kami lakukan untuk memperkuat budaya literasi di kalangan anak muda,” pungkasnya.

Tak hanya menyediakan buku dalam negeri, Bobookit juga menyediakan buku impor untuk dipinjamkan. Jika ingin meminjam, langsung saja melalui instagram @Boboo_kit atau kontak salah satu manajemennya di nomor 087778488981.(Advertorial)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...