Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Serang Gelar Belajar Tatap Muka Tahun 2021, Ini Jadwalnya

Published

on

Bupati serang saat kunjungan ke sekolah

FOTO ILUSTRASI Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyapa seorang siswa saat kunjungan ke sekolah. (Istimewa)

Serang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri memastikan proses pembelajaran tatap muka atau PTM di Kabupaten Serang akan dilaksanakan pada Januari 2021.

Hal itu dilakukan sebagai rujukan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kita menyikapi pandemi Covid-19 khususnya terhadap penyelenggaraan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kabupaten Serang,” kata Entus dalam keterangan tertulisnya yang diterima BantenHits.com, Ahad, 27 Desember 2020.

“Ada tiga hal yang menjadi rujukan kita untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM),” sambungnya.

BACA :  Keren! Permen Rilove Karya Pelajar Smansa Rangkasbitung Raih Penghargaan Internasional  

Adapun tiga hal yang menjadi rujukan Pemkab Serang dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), lanjut Entus, kesatu aturan dari pusat dan provinsi yang harus diperhatikan.

Kedua, pada situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Serang dimana sebagai wilayah dalam zona yang berubah-berubah terkadang zona kuning, oranye, dan merah yang menjadi perhatian.

“Kemudian yang ketiga mengevaluasi dampak dari Covid ini terhadap kualitas anak didik kita, dengan pendidikan daring (dalam jaringan) sekitar 8 bulan bagaimana kondisi anak didik kita?,” ujarnya.

“Kita tidak ingin akibat adanya penyelanggaraan pendidikan tatap muka ditiadakan kualitas anak didik kita menurun bahkan lost generation, tidak diterima dengan baik oleh akan didik kita,” imbuhnya.

BACA :  Ada Rute Penerbangan Baru, Jarak Banten-Banyuwangi Kini Hanya 'Sekali Tarikan Nafas'

Kendati demikian, pihaknya harus mencari cara jalan yang bijak, jalan tengah yang harus dilakukan Pemda dalam hal ini Dinas Pendidikan. Sebelumnya pun pihaknya sudah mengundang OPD terkait dan Forkopimda untuk meminta masukan sebagaimana pendidikan bisa dilakukan.

“Namun tidak melanggar aturan dan tidak merugikan kepada kepentingan kualitas anak didik kita. Meski tidak full tapi sudah melaksanakan persiapan, karena jika tidak dilakukan kualitas pendidikan anak didik kita jadi menurun,” ungkap Entus.

Menurut Entus, sangat berbeda kualitas pendidikan tatap muka dengan pendidikan daring.

“Jadi kita ada penyesuaian meski tatap muka kita juga tidak full menutup KBM di sekolah, menyesuaikan jika daerah merah kita tutup, ada peserta terkena kita tutup,” tuturnya.

BACA :  Rumah Dua Lantai di Perum Mulya Asri Tangerang Ternyata 'Pabrik' Ekstasi; Pernah Terdengar 'Tok-tok' saat Tengah Malam

Hanya saja, kata Entus, tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Yang jelas kita persiapan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka, dalam seminggu berapa hari, dan dalam sehari berapa jam,” terangnya.

Diketahui, untuk waktu pelaksanaan PTM baik SD, SMP, PAUD dan Program Kesetaraan, pada awal semester genap yakni tanggal 4 sampai dengan 18 Januari 2021, PTM masa transisi 19 Januari 2021 dan PTM masa kebiasaan baru 22 Maret 2021.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler