Banyak Anak di Lebak Putus Sekolah, DPRD: Segera Laksanakan KBM Tatap Muka!

Date:

FOTO ILUSTRASI. Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatulloh, memantau pelaksanaan KBM tatap muka perdana di SMPN 7 Cilegon. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Lebak- Ratusan pelajar SMP di Lebak dilaporkan putus sekolah. Penyebabnya karena terlalu lama menerapkan proses belajar daring atau online.

Hal itu membuat beberapa pihak prihatin dan mendesak pemerintah segera menghentikan kegiatan belajar mengajar secara online. Termasuk para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Lebak.

“Dari awal saat sudah kami sampaikan saat rapat dengan Dindik, bahwa dunia pendidikan di masa pandemi sangat mengkhawatirkan. Dampak dari tidak ada sekolah tatap muka, banyak anak putus sekolah lalu perilakunya menjadi liar karena tidak ada pola hidup disiplin seperti saat aktif bersekolah,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Lebak Acep Dimyati, Minggu, 6 Juni 2021.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, kondisi tersebut tak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Pembelajaran tatap muka, kata Acep, harus segera dilaksanakan oleh seluruh sekolah, jika tidak ingin semakin banyak anak didik yang mengalami hal yang sama.

“Kuncinya itu kok, segera gelar sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan secara ketat. Karena kalau tidak, akan banyak anak putus sekolah, perilaku mereka menjadi liar karena tidak ada kontrol yang jelas yang dilakukan oleh sekolah. Lalu, kita juga akan semakin sulit mendapat siswa-siswa yang berprestasi kalau kondisi terus seperti ini,” papar Acep

Acep juga meminta kepada sekolah untuk aktif berkomunikasi dengan keluarga anak yang memilih tak lagi bersekolah dengan alasan bekerja. Sekolah harus intens memberi pemahaman baik kepada orangtua maupun anak bahwa pendidikan menjadi sangat penting.

“Saya harap itu bisa dilakukan oleh teman-teman sekolah, terutama guru. Apalagi mereka memutuskan berhenti bersekolah di jenjang pertama, ini juga harus kita sama-sama selamatkan karena ini menyangkut dengan kualitas sumber daya manusia kita ke depan,” jelas Acep.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...