Penampakan Kapal Baru Basarnas di Banten; Harganya Rp50 Miliar, Kencang dan Bisa Menolong Kebakaran

Date:

Kapal KN SAR 247 Tetuka Saat Sandar Pelabuhan Indah Kiat. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Cilegon- Basarnas resmi memiliki kapal baru, Senin, 14 Juni 2021. Adalah Kapal KN SAR 247 Tetuka yang akan beroperasi di Provinsi Banten.

Kapal dengan harga Rp50 miliar itu diresmikan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan BNPP atau BASARNAS, Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi di Pelabuhan Indah Kiat, Kelurahan Taman Sari Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon.

Kata Henri, Provinsi Banten merupakan wilayah penyebrangan dengan arus kuat, sehingga tidak menutup kemungkinan dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan laut. 

“Kami memang dari basarnas sudah memberikan keputusan untuk menambah kekuatan kapal kita, yang ini adalah type 40 atau type yang medium kalau di basarnas, kalau dioperasikan di provinsi Banten. Mudah-mudahan dengan disiapkannya alat ini kita semakin siap dan confident, apabila terjadi musibah di atas permukaan air,”kata Henri kepada awak media.

Dengan teknologi canggih, lanjut Henri, kapal buatan PT Palinfo Marine asal Batam ini mampu menghasilkan kecepatan 29 knot.

Ia berharap dengan tenaga tersebut dapat dengan mudah melakukan pencaharian dan pertolongan terhadap korban musibah kecelakaan laut. 

“Cukup kencang ya untuk kapal, dan mampu memberikan pertolongan pemadaman kebakaran, kemudian semua menggunakan peralatan yang terkini,”pungkasnya.

“Semuanya digitalize dan memudahkan juga untuk mencari, menemukan korban musibah dengan cukup memberikan data koordinat di permukaan laut kita bisa langsung mengarahkan kapal kita menuju ke sana,”tambahnya. 

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...