UIN SMH Banten dan Pemkab Serang Teken Kerjasama, Peningkatan SDM Jadi Fokus Utama

Date:

UIN SMH Banten dan Pemkab Serang teken kerjasama untuk peningkatan SDM di Kabupaten Serang. (BantenHits.com/ Muhammad Uqel)

Serang – Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten atau UIN SMH Banten resmi menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Kabupaten Serang menjadi fokus utama kerjasama tersebut.

Rektor UIN SMH Banten, Wawan Wahyudin mengatakan, peningkatan kualitas SDM masyarakat Kabupaten Serang akan dilakukan dengan cara menerjunkan mahasiswa melalui program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta). Menurutnya, mahasiswa akan mendongkrak potensi serta membangun kualitas masyarakat agar lebih baik.

“Sebagai Perguruan tinggi tertua, kita sudah menjalin kerjasama di level nasional dengan pemerintah papua dan internasional dengan negara Thailand. Nah, untuk di lokal kita bekerjasama dengan Pemkab Serang,” katanya, Selasa, 5 Juli 2022.

Dikatakan Wawan, sebelum mahasiswa diterjunkan ke lapangan, nantinya akan diberikan pembekalan terlebih dahulu oleh Pemkab Serang agar mengetahui persoalan dan program pembangunan yang saat ini sedang pemerintah lakukan supaya dapat disinkronkan. 

“Tadi katanya nanti ada pembekalan dari Pemkab Serang. Kukerta sendiri tujuannya untuk menyelesaikan tugas akademik, kemudian untuk meningkatkan SDM sekaligus memajukan SDM masyarakat Kabupaten Serang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelasnya. 

Rencananya, kata Wawan, UIN SMH Banten akan menerjunkan 182 mahasiswa untuk di Kabupaten Serang tersebar di 29 Kecamatan.

 “Menggali potensi, pembangunan nanti akan ada mahasiswa UIN SMH Banten dari berbagai jurusan,” ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, Pemkab Serang menyambut baik adanya perjanjian kerjasama dengan Perguruan tinggi lantaran dalam proses pembangunan perlu keterlibatan dari akademisi. 

“Alhamdulillah hari ini Pemkab Serang melakukan penandatanganan Mou dengan UIN Banten tentunya sangat bergembira dan berharap banyak. Dukungan dari Perguruan tinggi sangat dibutuhkan karena ada Tri Dharma Perguruan tinggi sebagai pengabdian masyarakat, penelitian, kami Pemda Serang siap untuk menguji yang menjadi penelitian UIN Banten,” ujar Tatu. 

Tatu menuturkan, pembangunan SDM di Kabupaten Serang perlu keterlibatan semua elemen terutama dari pihak perguruan tinggi untuk membentuk karakteristik serta pemahaman masyarakat agar memiliki wawasan yang luas.

“Karena dalam pembentukan masyarakat dari segi pendidikan, karakter butuh pendamping yang banyak. Mudah-mudahan dengan kehadiran UIN SMH Banten ini bisa membantu masyarakat Kabupaten Serang,” katanya. 

Dikatakan Tatu, bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Kukerta nantinya akan diberikan pembekalan oleh OPD terkait supaya bisa disinergikan dengan program yang sedang Pemkab Serang jalankan. 

“Saya berharap ketika Kukerta akan dilakukan diberikan pembekalan dulu oleh beberapa OPD terkait, supaya terarah karena di 29 kecamatan punya karakter dan persoalan yang berbeda,” jelasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Muhammad Uqel

    Muhammad Uqel Assathir menggeluti dunia jurnalistik sejak menjadi aktivis kampus. Uqel--begitu dia biasa disapa-- menghabiskan waktu selama kuliah untuk menyelami dunia pergerakan mahasiswa dan jurnalistik kampus. Pria asal Kabupaten Serang ini memiliki ketertarikan juga terhadap dunia desain.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

POPDA Banten XI 2024 Digelar di Kota Tangerang 8-13 Juni, Kabupaten Tangerang Targetkan Juara Umum

Berita Tangerang - Kabupaten Tangerang menargetkan jadi juara umum...

Ternyata Imunisasi Banyak Manfaatnya, Yuk Kunjungi Puskesmas dan Posyandu di Kota Tangerang!

Berita Tangerang - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang melalui...

Tangkapan Besar Itu Berawal Pengungkapan Transaksi 1 Kg Sabu di Desa Sukamantri

Berita Tangerang - Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten...