Asyiknya Liburan ke Bandung dan Bogor, Banyak Parkir dan ‘Dijaga’ Polisi dari Preman

Date:

Wisata di Bandung
FOTO ILUSTRASI. Tempat wisata Bandung. (Google)

Berita Jawa Barat- Libur natal dan tahun baru telah tiba. Ya, betul. Destinasi wisata akan menjadi serbuan para pelancong.

Apalagi Bandung dan Bogor, Jawa Barat. Barang tentu, dua wilayah itu kerap jadi pilihan favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

Berbagai persiapan tentunya sudah disiapkan baik oleh pemerintah maupun pihak TNI-Polri. Tujuannya agar para wisatawan bisa aman dan nyaman juga daerah dalam keadaan kondusif.

Pihak Polda Jawa Barat menegaskan akan menyiapkan kantong-kantong parkir di kawasan wisata Jawa Barat yang masih minim lahan parkir. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

“Saya perintakan Pak Kapolres, Kapolsek, Pak Kasatlantas untuk menyiapkan kantong-kantong parkir. Khususnya di lokasi wisata yang tempat parkirnya tidak memadai, tidak seimbang dengan jumlah kunjungannya,” kata Irjen Pols Suntana seperti dikutip Bantenhits dari Suarajabar.id, Senin, 26 Desember 2022.

Kata dia, p pihaknya sudah memetakan kawasan wisata di Jawa Barat yang kerap ramai dikunjungi pelancong namun belum memiliki tempat parkir yang ideal untuk menampung kendaraan.

Di antaranya di kawasan Puncak, Bogor hingga Lembang, Bandung Barat. Kondisi itu dikhawatirkan nantinya kendaraan wisatawan parkir liar di badan jalan sehingga akan berdampak terhadap arus lalu lintas.

“Ada tempat wisata yang tempat parkirnya memadai sehingga pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di dalam. Tapi ada juga tempat tempat wisata yang tempat parkirnya tidak memadai,” ungkap Kapolda Jabar.

Selain untuk meminimalisir kemacetan, kata Suntana, kantomg parkir di kawasan wisata juga dilakukan untuk mencegah adanya parkir liar yang mematok harga yang tidak wajar.

Dan yang paling saya khawatirkan pengunjung wisata yang menggunakan mobil itu akan masuk ke lingkungan-lingkungan masyarakat. Masyarakat terganggu dan akhrinya terjadi pungutan parkir yang melebihi di luar kewajaran,” sebut dia.

Berdasarkan informasi yang diterimaditerima dari Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI), ungkap Suntana, Jawa Barat diperkirakan akan didatangi sekitar 1,3 juta wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung, pihaknya meminta pengelola wisata agar tidak menerima kunjungan melebihi kapasitas.

“Kita instruksikan juga ke (pengelola) wisata tidak menerima pengunjung melebihi kapasitas di lokasi wisata, apalagi sekarang sudah dibebaskan juga. Buat semuanya nyaman dan tidak berdesakan,” imbuh Suntana.

“Apabila ada tindakan premanisme yang melaksanakan aksinya dengan alasan apa pun, kami akan lakukan tindakan tegas,” pungkasnya.

Sumber: Suarajabar.id

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Error Jaringan saat PPDB di Banten Terus Terulang, Mencuat Indikasi Praktik Curang

Berita Tangerang -  Peristiwa error jaringan Penerimaan Peserta Didik...

Maesyal Rasyid Sebut Korupsi Itu Menghambat Pembangunan dan Mengikis Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintah

Berita Tangerang - Korupsi tidak hanya merugikan keuangan negara,...

Pemkot Tangerang Gelar Lomba Fashion Show Busana Daerah, Muslim dan Batik Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang akan...