Penampakan Kekinian di Pelabuhan Merak Jelang Puncak Arus Balik Lebaran 2023

Date:

Suasana di Pelabuhan Merak pada H+1 Lebaran 2023 atau Ahad, 23 April 2023 jam 09.00 WIB terlihat sepi dari pemudik sehingga tidak terjadi kepadatan apapun di area pelabuhan. Ilustrasi: Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Sabtu, 30 April 2022.(BantenHits.com/ Mahyadi)

Berita Cilegon – Puncak arus balik Lebaran 2023 diprediksi bakal terjadi dua gelombang yakni pertama pada 24 hingga 25 April mendatang. Sedangkan untuk gelombang kedua terjadi pada 30 April dan 1 Mei.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi Sabtu, 22 April 2023 lalu. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan disejumlah titik, ia mengimbau masyarakat untuk kembali ke perantauan ditanggal-tanggal dinilai rawan.

“Kami menganalisa, hari-hari itu puncak mudik itu terjadi hari Senin, Selasa atau Minggu, Senin. Jadi, kalau mau mudik itu jangan di dua ini (prediksi arus balik),” kata Budi kepada wartawan di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 22 April 2023 seperti dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Di samping itu, untuk perjalanan luar pulau Jawa, Hutama Karya membuat kebijakan untuk diskon 20 persen untuk tarif Tol Trans-Sumatera selama 26-28 April 2023 agar masyarakat terdorong untuk pulang mudik setelah puncak arus balik Lebaran 2023.

H+1 Lebaran Pelabuhan Merak Lenggang

Sementara itu, hingga H+1 Lebaran 2023 atau Ahad, 23 April 2023, Pelabuhan Merak terlihat sepi dari pemudik sehingga tidak terjadi kepadatan apapun di area pelabuhan tersebut.

Pantauan Tim MNC Portal Indonesia (MPI) di lokasi, sekitar Pukul 09.00 WIB, kondisi nampak lengang di dermaga terminal 5 dan 4. Tidak banyak kendaraan roda empat mengantre memasuki kapal Ferry.

Hal serupa juga terjadi di terminal 3 hingga terminal eksekutif. Hanya sedikit kendaraan mengantre masuk kapal Ferry untuk meninggalkan pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

Kendaraan roda empat rata-rata mobil berpelat B, namun sesekali terlihat mobil berasal dari Jawa Barat maupun Jawa Tengah. Kondisi lengang karena sebagian memilih melakukan perjalanan mudik sebelum hari raya lebaran.

Sementara ruang tunggu di pelabuhan eksekutif Merak, sejauh ini tidak terjadinya pemudik menunggu kedatangan kapal tumpangannya.

Sumber: RCTI+

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wujudkan Zero Waste, Pemkot Tangerang Maksimalkan Sistem Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat

Berita Tangerang - Sistem pengolahan sampah berbasis masyarakat adalah...

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...