Produk UMKM di Kota Cilegon Siap-siap Masuk Supermarket dan Hotel, Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan Uji Umur Simpan

Date:

Wali Kota Cilegon,, Helldy Agustian saat mwenghadiri pelatihan dan fasilitasi uji umur simpan bagi para pelaku UMKM di Kota Cilegon. (FOTO: Dok. Dinas Kominfo Kota Cilegon)

Berita Cilegon – Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM di Kota Cilegon sedang bersiap untuk masuk supermarket dan hotel-hotel. Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon pun memberikan pelatihan dan fasilitasi uji umur simpan bagi para pelaku UMKM.

Pelatihan yang digelar di Aula Setda II Kota Cilegon, Selasa, 5 September 2023 ini diikuti 140 pelaku UMKM di Kota Cilegon. Pada kesempatan, Pemkot Cilegon menggratiskan kepada 70 pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam pelatihan saat ini.

Langkah ini diambil sebagai bentuk dukungan dan perhatian Pemkot Cilegon kepada para pelaku UMKM dalam meningkatkan pemasaran produk-produk unggulan mereka.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian yang hadir membuka kegiatan dengan antusias menegaskan komitmennya terhadap pengembangan UMKM di Kota Cilegon.

“Selama ini, produk UMKM Kota Cilegon sudah kita maksimalkan. Sertifikasi juga sudah kita lakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas produk. Hari ini, kita akan melangkah lebih jauh dengan melakukan uji umur simpan terhadap produk-produk UMKM ini,” ungkapnya.

Para pelaku UMKM di Kota Cilegon saat mengikuti pelatihan uji umur simpan yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon. (FOTO: Dok. Dinas Kominfo Kota Cilegon)

Uji umur simpan, lanjut Helldy akan membantu para pelaku UMKM dalam menjamin kualitas produk-produk UMKM di Kota Cilegon.

“Dengan uji umur simpan ini, kita dapat memastikan bahwa produk-produk UMKM kita tahan lama dan aman untuk dikonsumsi, dan ini juga nanti akan membantu meningkatkan daya saing kita di pasaran,” tambahnya.

Selain itu, Helldy juga mengungkapkan bahwa Pemkot Cilegon akan terus berupaya membantu memasarkan produk-produk UMKM. Antara lain dengan menjalin kerja sama dengan pusat perbelanjaan, hotel, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna memaksimalkan pemasaran.

“Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan MoU dengan CCM (Cilegon Center Mall) yang merupakan mal terbesar di Kota Cilegon, dimana kita diberikan ruang kurang lebih 60 meter untuk mempromosikan produk UMKM Kota Cilegon. Ke depan kita juga akan melakukannya hal yang sama dengan hotel dan seluruh OPD Kota Cilegon,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon, Didin S Maulana, menjelaskan bahwa penyelenggaraan pelatihan uji umur simpan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para pelaku UMKM tentang masalah tersebut sehingga produk UMKM Kota Cilegon layak ditempatkan di supermarket.

“Uji umur simpan ini merupakan salah satu persyaratan penting selain NIB (Nomor Induk Berusaha) dan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), nanti jika produk UMKM kita sudah ada umur simpannya bisa kita tempatkan di supermarket,” jelasnya.

Didin juga mengungkapkan bahwa seluruh proses perizinan untuk UMKM telah digratiskan sebagai bagian dari kebijakan yang dicanagkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, UMKM diwajibkan membayar biaya perizinan, namun saat ini semuanya disediakan secara gratis,” pungkasnya. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...