Massa PDIP Pendukung Jokowi Diprediksi Bakal Migrasi ke PSI

Date:

Kaesang Pangarep dan jajaran pengurus Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, Senin, 25 September 2023. (FOTO: suara.com)

Berita Pemilu – Bergabungnya Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diprediksi bakal berdampak pada PDIP. Kaesang yang telah menjabat Ketua Umum PSI sangat mungkin membuat pemilih PDIP ke PSI.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari. Menurutnya, PSI bisa menjadi partai besar berkat efek Kaesang.

“PSI pun berpotensi untuk besar di mana PDIP itu kuat,” ungkap MQodari di kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored, Kamis, 28 September 2023 dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Qodari mengemukakan, secara logika basis Jokowi adalah PDIP. Sementara sebagian pemilih PDIP adalah pendukung Jokowi.

“Logikanya karena Pak Jokowi itu basisnya adalah PDI Perjuangan, sebagian pemilih PDI itu adalah pendukung Jokowi demikian pula sebaliknya,” lanjutnya.

Sehingga, kata dia, pendukung Jokowi yang akan melakukan migrasi kemungkinan besar adalah basis kekuatan PDIP itu sendiri.

“Sehingga pendukung Pak Jokowi ini kalau dia mau migrasi kemungkinan yang akan pindah itu, diluar yang belum punya partai, adalah dari PDI Perjuangan,” kata Dia.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa Jokowi sendiri adalah tokoh nasionalis. Sebagaimana disinggung oleh Kaesang, dia mengajak kaum nasionalis seluruh Indonesia untuk bergabung mendukung PSI.

“Yang kedua Pak Jokowi ini adalah tokoh nasionalis, nah kan Kaesang sendiri udah ngomong tuh, nasionalis seluruh Indonesia bergabunglah,” imbuhnya.

Sementara itu, Qodari mengatakan bahwa partai yang saat ini menjadi representasi kaum nasionalis adalah PDI Perjuangan. Apabila nanti suara PSI menjadi besar, tentu kemungkinan suara yang akan turun adalah PDIP.

“Dan partai pada hari ini yang paling dianggap representasi dari rumah nasionalis adalah PDI Perjuangan,” ujarnya.

“Jadi kalau misalnya nanti PSI ini nanti besar, ya kemungkinan salah stau suara yang akan turun adalah PDI Perjuangan,” pungkasnya.

Sumber: Suara.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...