Ini Strategi Dishub Agar Fungsi Terminal-terminal di Kabupaten Serang Lebih Optimal

Date:

Terminal Tanjung Teja, salah satu terminal Tipe C di Kabupaten Serang. Pemkab Serang melalui Dinas Perhubungan atau Dishub Kabupaten Serang telah mengoperasikan empat terminal Tipe C. Tiga dari empat terminal tersebut sudah bekerjasama dengan Bus Damri sehingga lebih memudahkan warga terhubung dengan kota/kabupaten di Banten. Bahkan Bus Damri yang beroperasi terhubung dengan destinasi wisata. (Dok.BantenHits.com)

Berita Serang – Sejumlah strategi kini tengah disiapkan Dinas Perhubungan atau Dishub Kabupaten Serang untuk mengoptimalkan fungsi terminal-terminal yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Serang.

Mulai dari penambahan angkutan umum hingga bekerjasama dengan Damri kini tengah ditempuh Dishub Kabupaten Serang. Selain itu, Dishub juga akan bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan nilai komersil terminal.

Kepala Dishub Kabupaten Serang, Beni Yuarsa mengatakan, pihakknyasudah memetakan sejumlah potensi dan masalah-masalah yang ada pada terminal-terminal di Kabupaten Serang saat ini.

Dari pemetaan yang telah dilakukan, diharapkan bisa lahir berbagai strategi untuk mengoptimalkan fungsi terminal tersebut, baik dari segi sarana dan prasarana atau peningkatan pelayanan lainnya.

“Saat ini ada tiga terminal tipe C milik Pemkab Serang yakni Terminal Tanara, Terminal Tunjungteja, dan Terminal Anyar,” kata Benny dalam keterangannya belum lama ini.

Tiga Fokus Optimalisasi

Menurut Benny, optimalisasi terminal-terminal di Kabupaten Serang difokuskan pada tiga hal, yakni pemenuhan sarana dan prasarana, peningkatan sumber daya manusia, hingga kegiatan operasional terminalnya.

“Optimalisasi ini dilakukan dalam pemenuhan sarana prasarananya, sumber daya manusia, hingga kegiatan operasionalnya,” katanya.

Dalam mengoptimalkan fungsi terminal ini, lanjutnya, Dishub Kabupatn Serang dihadapkan pada tantangan jumlah angkutan umum yang minim. Dari 16 trayek kewenangan Pemkab Serang, baru ada lima trayek yang aktif dan baru dilalui 59 angkutan umum.

“Karena itu, Dishub Kabupaten Serang terus melakukan koordinasi dengan Pemprov Banten untuk membantu mengaktifkan trayek-trayek tersebut. Kemudian juga bekerjasama dengan Damri untuk mengisi trayek tersebut,” beber Benny.

Dari sisi lain, Benny menambahkan, Dishub juga akan menanfaatkan lahan terminal untuk kepentingan komersil karena hal tersebut diperbolehkan melalui undang-undang yang berlaku.

Salah satu upaya untuk pemanfaatan lahan terminal untuk kepentingan komersil itu, yakni dengan menanfaatkan lahan untuk aktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Dishub akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) Kabupaten Serang untuk melancarkan rencana tersebut,” jelasnya.

Dengan dimanfaatkannya lahan terminal oleh UMKM, Benny berharap hal tersebut dapat menarik aktivitas masyarakat sehingga terminal dapat difungsikan oleh angkutan umum. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...