Mengulas Dahsyatnya Efek Dukungan Dua Tokoh Kekinian di Indonesia bagi Suara Prabowo-Gibran

Date:

FOTO ILUSTRASI: Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dan Menhan Prabowo Subianto (kiri) saat menyaksikan laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin, 19 Juni 2023. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom/Suara.com)

Berita Pilpres – Dua tokoh penting kekinian di Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir telah memutuskan bergabung dalam barisan pendukung pasangan Capres-cawapres nomor urut 2,  Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Seperti diketahui, Khofifah merupakan Gubernur Jawa Timur. Dia juga merupakan tokoh penting Nahdlatul Ulama (NU). Dia merupakakn Ketua Umum Muslimat NU.

Sementara, Erick Thohir merupakan Menteri BUMN. Beberapa hasil sigi menunjukkan Erick merupakan menteri dengan kinerja paling moncer di Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, Erick juga adalah Ketua Umum PSSI yang sukses mengubah wajah sepakbola Indonesia hari ini.

Lalu, seperti apa  efek duukungan Khofifah dan Erick bagi Prabowo-Gibran dalam Pemilu 2024 ini?

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan, Erick dikenal sebagai salah satu menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju yang pekerja keras dan bertangan dingin.

“Kementerian BUMN dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengalami perkembangan sangat positif di tangan Erick Thohir. Dukungan Erick terhadap Prabowo tentu saja akan berdampak positif bagi pemenangan Prabowo di gelaran pemilihan presiden 2024,” kata Bawono dalam keterangan tertulisnya, Senin, 22 Januari 2024 dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Erick, lanjut Bawono, juga merupakan menteri yang paling diandalkan dan memiliki kepercayaan tinggi di mata Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Menempatkan Erick sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim selama Luhut Binsar Pandjaitan menjalani pemulihan kesehatan menunjukkan kepercayaan tinggi Presiden Joko Widodo terhadap Erick,” jelasnya.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 3 Mei 2022. Foto: SindoNews.com/ rctiplus.

Sementara itu, tergabungnya Khofifah Indar Parawansa di dalam barisan pemenangan Prabowo-Gibran dinilai bisa mendulang raihan suara pemilih di Jawa Timur.

Sebagai Gubernur Jawa Timur petahana dengan tingkat approval rating tinggi, Bawono menilai langkah politik Khofifah tersebut tentu saja sangat berpotensi mendatangkan insentif elektoral bagi Prabowo-Gibran di Jawa Timur di pemilu mendatang.

“Apalagi hasil survei menujukkan pasangan calon ini unggul cukup jauh dibandingkan dua pasangan calon lain di Jawa Timur,” ucap Bawono.

Berdasarkan survei terbaru Lembaga Survei Indonesia periode 16-28 Desember 2023 lalu, kata Bawono, elektabilitas Prabowo-Gibran di Jawa Timur unggul jauh dari dua pasangan calon lain dengan angka 46,7 persen.

“Hal ini menunjukkan elektabilitas Prabowo di Jatim semakin kompetitif. Sangat jauh berbeda dengan kondisi pemilu 2014 dan pemilu 2019,” bebernya.

“Unggul dengan jarak elektabilitas jauh di Jatim memiliki arti penting bagi Prabowo untuk dapat menggaransi kemenangan mutlak di Jawa dan juga di tingkat nasional di pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya.

Sumber: Suara.com

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...