Tinggi Protein, Murah dan Digemari Anak; Nugget Ikan Patin Jadi ‘Jurus’ TP PKK Banten Perangi Stunting

Date:

Ketua TP PKK Provinsi Banten, Tine Al Muktabar menyerahkan bantuan Nugget Ikan Patin kepada Salah satu balita saat penyerahan bantuan sosial di Posyandu Merpati Putih di Pondok Bahar, Karang Tengah, Kota Tangerang, Rabu 7 Februari 2024.(FOTO: bantenprov.go.id)

Berita Banten – Inovasi cerdas dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau TP PKK Provinsi Banten dalam memerangi stunting di provinsi berjuluk Tanah Jawara.

Nugget ikan patin dipilih TP PKK Provinsi Banten untuk mencegah stunting. Selain tinggi protein dan harganya yang murah, nugget merupakan makanan yang digemari anak-anak.

Untuk memenuhi kebutuhan ikan patinnya, TP PKK Provinsi Banten juga mengedukasi warga untuk memanfaatkan pekarangan untuk dijadikan kolam ikan patin.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Banten, Tine Al Muktabar saat menyerahkan bantuan Nugget Ikan Patin kepada Posyandu Merpati Putih di Pondok Bahar, Karang Tengah, Kota Tangerang, Rabu 7 Februari 2024.

Penyerahan bantuan tersebut, dilaksanakan dalam rangkaian Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak yang dilaksanakan Pj Gubernur Banten Al Muktabar di Kota Tangerang. Dalam kesempatan tersebut diberikan pula bantuan bingkisan mainan anak-anak.

Tine meyakini, olahan ikan bermanfaat untuk peningkatan gizi anak-anak sehingga dapat mencegah stunting.

Menurut Tine, saat ini,  selaku mitra Pemerintah Provinsi Banten, dirinya bersama TP PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten menggencarkan penanganan stunting. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan Dapur PKK.

“Upaya memulihkan anak-anak penderita stunting adalah dengan pemenuhan gizi terhadap mereka. Di dapur PKK, diproduksi makanan-makanan yang gizi baik dan digemari anak-anak,” kata Tine dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemprov Banten.

TP PKK Provinsi Banten, lanjutnya, terus berkolaborasi dengan Posyandu untuk mengedukasi masyarakat melaksanakan pengolahan makanan bergizi namun murah. Beragam olahan makanan yang diolah dengan gizi tinggi, murah dan menarik, seperti pizza toping daun kelor dan nugget ikan patin.

“Untuk mendapatkan makanan bergizi namun murah, TP PKK Provinsi Banten menggelorakan pemanfaatan lahan pekarangan. Pihaknya mengedukasi masyarakat menanam tanaman di lahan pekarangan, seperti tanaman kelor,” jelasnya.

“Selain itu, yang sedang digalakan saat ini adalah pemanfaatan lahan pekarangan untuk ternak ikan patin dengan sistem bioplok,” sambungnya.

Tine menambahkan, ikan patin mengandung protein yang tinggi untuk pemenuhan gizi anak-anak. Hasilnya, oleh PKK diolah menjadi makanan kekinian yang digemari anak-anak, salah satunya menjadi nugget ikan patin.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, angka stunting di Provinsi Banten terus mengalami penurunan.

Menurut Al Muktabar, target Presiden Joko Widodo, penurunan angka prevalensi stunting menjadi 14 persen akhir tahun 2024. Atas target tersebut, Al Muktabar optimis stunting di Provinsi Banten  bisa turun lebih rendah dari 14 persen. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat bersatu padu melaksanakan penanganan stunting.

“Harus ada gerakan dari seluruh komponen masyarakat untuk menangani stunting,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...