Menko Polhukam Pimpin Rapat di Dermaga Pelabuhan Merak dan Berdialog dengan Calon Penumpang

Date:

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto memimpin Rapat Persiapan Pengamanan dan Pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Pelabuhan Merak, Senin, 1 April 2024. (FOTO: Dok.Administrasi Pimpinan dan Protokol Pemprov Banten)

Berita Banten – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto memimpin Rapat Persiapan Pengamanan dan Pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Senin 1 April 2024.

Rapat tersebut digelar di Dermaga Pelabuhan Merak, persisnya Dermaga Eksekutif Sosoro Mall, Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon.

Seusai rapat Hadi Tjahjanto beserta rombongan berdialog dengan para calon penumpang kapal. Hadi juga semat menanyakan proses dan prosedur pemeriksaan tiket untuk kesesuaian manifes penumpang kapal, serta meninjau kesiapan Kapal Portlink ASDP yang siap diberangkatkan.

Disela-sela kegiatannya itu, Hadi juga menyempatkan untuk menyerahkan bingkisan kepada petugas jaga di Pos Terpadu Pelabuhan Merak.

Pemerintah Jamin Keamanan Pemudik

Hadi Tjahjanto menegaskan, pemerintah menjamin keamanan para pemudik dari keberangkatan sampai tempat tujuan. Demikian pula untuk baliknya agar aman dan nyaman.

Menurutnya, infrastruktur jalan, rambu lalu lintas, PJU, Pos Keamanan, Pos Pelayanan hingga Pos Terpadu semua sudah dipersiapkan.

Pihaknya juga sudah memikirkan kondisi tidak normal dengan mencarikan jalan alternatif bila terjadi kemacetan. Jika terjadi penumpukan di dermaga, disiapkan tempat parkir yang luas.

“Hari ini kita lakukan koordinasi. Semuanya berjalan dengan baik. Termasuk pelayanan di pelabuhan,” kata Hadi dikutip BantenHits.com dari laman remsi Pemprov Banten.

“Belilah tiket sehari sebelum mudik. Isi aplikasi untuk manifes,” imbaunya.

Hadi juga mengimbau pemudik yang menggunakan mobil pribadi untuk tahu batas diri. Ketika kelelahan atau mengantuk segera beristirahat di rest area. Para pengemudi bus juga diimbau untuk tidak ugal-ugalan

“Insya Allah mudik 2024 akan berjalan aman. Ada Pasukan Gabungan, Ormas, hingga Pramuka siap membantu,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, diperkirakan jumlah pemudik 2024 meningkat 65 persen dibanding dengan tahun 2023.

“Kami semua mengimbau agar mudik berjalan aman dan lancar. Apabila tidak ada kegiatan agar melakukan mudik lebih awal atau lebih cepat,” ucapnya.

“Terkait dengan pengamanan, silakan melapor ke pos. Kita siap melakukan pengawalan. Semoga masyarakat merasakan mudik yang aman dan lancar. Selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...