Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Date:

Petugas kebersihan di Kota Tangerang tengah mengangkat sampah. Selama libur Lebaran 2024, petugas kebersihan di Kota Tangerang setiap jari mengangkut 1.800 ton sampah. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Selama libur Lebaran 6-15 April 2024, petugas kebersihan di Kota Tangerang setiap harinya mengangkat 1.800 ton sampah.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 20 persen jika dibandingkan hari biasa. Pada hari biasa sampah yang setiap hari diangkut petugas kebersihan di Kota Tangerang mencapai 1.500 ton.

“Peningkatan volume sampah tidak terlalu signifikan dari hari biasanya selama libur Lebaran. Pasalnya di hari biasa mengangkut hingga 1.500 ton sampah setiap harinya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar Sopian, Senin 15 April 2024 dikutip dari laman resmi Pemkot Tangerang.

Menurut Tihar, peningkatan sampah selama libur Lebaran 2024 ini terjadi pada jenis sampah organik atau sisa rumah tangga.

Namun, kondisi ini tidak mengalami penumpukkan atau ketidaknyamanan lingkungan Kota Tangerang. Pasalnya, petugas kebersihan tetap bekerja 24 jam secara normal di tengah libur Lebaran.

“Setiap harinya petugas sampah mengangkut 1.800 ton sampah dari mulai Tempat Pemungutan Sampah (TPS) hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing Kota Tangerang. Hal ini tentunya mengurangi terjadinya penumpukan sampah di Kota Tangerang,” bebernya.

Ia pun menjelaskan, pelayanan sampah sepanjang libur Lebaran tetap normal dan siaga. Pasalnya, diturunkan 104 armada di masing-masing kelurahan, 15 mobil saber, 200 bentor, dan 29 amrol.

“Kami terus memastikan kenyamanan di Kota Tangerang terjaga dengan menerjunkan petugas pengangkutan sampah dan kebersihan selama libur Lebaran. Tentunya ini meminimalisir penumpukan sampah selama libur Lebaran di Kota Tangerang,” ujarnya.

Tihar berharap, masyarakat dapat mengurangi sampah sebagai upaya mengurangi penumpukan di TPA Rawa Kucing. DLH Kota Tangerang juga memiliki program-program mulai dari sedekah sampah, kampung proklim, bank sampah, adiwiyata, dan lainnya dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Tangerang.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...