Gen Kuda Terbaik Ditemukan di Pamulang

Date:

Banten Hits.com– Gen kuda terbaik untuk pacuan, berhasil ditemukan di kawasan pacuan kuda Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Hebatnya, dalam gen kuda terbaik untuk pacuan itu, terdapat 10 persen gen kuda lokal.

Pemerintah melalui Menteri Pertanian Suswono memberikan apresiasi atas temuan ini. Rabu (24/7/2013), Suswono memberikan sertifikat penghargaan sebagai penghasil gen kuda pacuan terbaik di Indonesia kepada pemilik pacuan.

Menurut Suswono, penghargaan tersebut diberikan dalam bentuk surat keputusan rumpun, hasil dari komisi Pertenakan dan Kesehatan Hewan.

“Dilihat dari gen terbaik yang dihasilkan. Sehingga muncul gen-gen terbaik lainnya yang muncul dan dapat dikembangkan,” ujarnya.

Di Pacuan Kuda Pamulang tersebut, Suswono mengaku terkejut dengan pengembang biakan bibit kuda yang sangat cepat. Biasanya pengembang biakan silang, sampai menghasilkan gen kuda terbaik, bisa sampai seratus tahun prosesnya. Namun di Pacuan Kuda Pamulang, bisa menghasilkan berbagai gen terbaik hanya dalam kurun waktu puluhan tahun, atau dimulai dari tahun 1975.

Dari hasil inilah, Suswono merasa yakin, Pacuan Kuda Pamulang mampu menghasilkan embrio kuda pacu hasil Indonesia yang berkualitas tinggi.

“Meskipun disilangkan dengan kuda impor yang tidak kalah bagus, tapi gen lokalnya seperti Kuda Sumbawa dan Kuda Sumba, masih ada sekitar 10 persenan,” katanya.

Dalam kunjungannya ke Pacuan Kuda Pamulang, Kota Tangsel, Suswono bersama rombongan, serta pemilik pacuan, sempat diperlihatkan koleksi kuda terbaik yang ada disana. Suswono pun mengaku takjub dengan kuda yang berhasil dikembangkan di Pacuan Kuda Pamulang tersebut.

“Pemerintah apresiasi ini, tinggal kami kontrol dan pengawasan saja untuk terus mengembangkan yang terbaik lainnya,” katanya sembari mengelus salah satu kuda jantan di pacuan yang dijadikan pertenakan juga itu.

Sementara itu, saat ditemui ditempat yang sama, Eddy Saddak Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh
Indonesia (Pordasi) mengatakan, di Pacuan Kuda Pamulang ini, setidaknya ada 50 sampai 60 kuda jantan hasil silangan yang berhasil dikembangkan.

“Antara lain berasal dari Amerika, Inggris, dan Australia. Hasil silangan dengan kuda lokal yang juga berkualitas gen tinggi,” ujarnya.

Eddy mengaku yakin, di tempat yang dikelolanya saat ini, akan menghasilkan kuda pacuan terbaik di Indonesia.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sstttt… Funworld dan Kidzilla Cilegon Center Mall Kini Hadir Menjangkau Semua Usia, Kepoin Yuks!

Berita Cilegon - Woro-woro! Buat warga Kota Cilegon dan...

Kang Nong Kota Tangerang 2023 Siap Kolaborasi untuk Tarik Wisatawan

Berita Tangerang - Akram Ziyad Chairullah, wakil dari Kecamatan...

‘Orang Pabrik’ Ramaikan Turnamen Mobile Legend di Cafe Gue

Berita Cilegon - Para pekerja industri yang menamakan diri...