Wujudkan Swasembada Pangan, Irna Minta Tiap Rumah Tanam 10 Pohon Cabai

Date:

Pandeglang –  Guna mendukung program nasional mewujudkan swasembada pangan. Pemkab Pandeglang melalui Dinas Pertanian (Distan) melakukan MoU dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW), di Pendopo Bupati Pandeglang, Sabtu (29/1/2017).

Gabungan Organisasi Wanita diantaranya, dharma wanita, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Badan Kontak Majleis Taklim (BKMT), dan Kelompok Wanita Tani (KWT), dan Gerakan Tanam (Gertam). 

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengungkapkan, kerja sama ini untuk mencari solusi ketersediaan bahan pokok cabai, baik kabupaten, provinsi, dan nasional.

“Mudah–mudahan ini jadi solusi terbaik khususnya permasalahan cabai yang saat ini ketersediaannya sedikit dan harganya cukup tinggi,” kata Irna.

Irna berharap, GOW memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah untuk  mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dan nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Irna mengajak peran aktif masyarakat dengan menanam 10 pohon cabai di setiap rumah.

“Minimal satu rumah menanam 10 batang pohon. Asumsinya, kalau satu pohon cabai dengan hasil panen satu kilo dikalikan dengan jumlah rumah tangga yang ada di pandeglang berapa ratus kilo yang kan kita peroleh,” kata Irna.

Sementara itu, Kepala Distan Provinsi Banten, Agus M.Tauchid mengatakan, Pemprov Banten akan memberikan bantuan dalam mendukung terwujudnya swasembada pangan.

“Kami akan turunkan bantuan kurang lebih Rp3 Milyar untuk 100 hektar kebun cabai. Jadi per hektar anggarannya mencapai Rp30 juta. Bantuan ini juga untuk meminimalisir gagal tanam, jadi musim tanamnya harus tepat,” jelas Agus.(Ep)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...