Pukul Bedug, Wagub Banten Buka Lebaran Betawi di Tangsel

Date:

Tangsel – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, membuka Lebaran Betawi, di Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (29/7/2017). Gelaran budaya tersebut dibuka dengan pemukulan bedug oleh Andika.

Lebaran Betawi diselenggarakan oleh Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangsel (Limabeta) dan dinas pariwisata (dispar). Acara dibuka dengan Tarian Anggrek dan atraksi pencak silat. Lebaran Betawi akan ditutup pada Minggu (30/7) malam oleh Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Andika berharap, kegiatan-kegiatan budaya seperti ini bisa ditempatkan di lokasi yang lebih luas agar semakin banyak masyarakat yang datang.

Menurutnya, digelarnya Lebaran Betawi menunjukkan eksistensi budaya Betawi di Banten. Dari event seperti ini, Andika menginginkan agar pemerintah daerah memberikan ruang seluas-luasnya bagi eksitensi budaya-budaya di Banten.

“Bisa melalui perwal atau pergub. Ini harus jadi contoh oleh daerah lain,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Tangsel, Chaerudin menjelaskan, Lebaran Betawi merupakan tradisi usai Idul Fitri yang dilakukan oleh masyakarat Betawi untuk melakukan hantaran dari yang lebih muda ke yang lebih tua.

Kegiatan yang sudah berlangsung kali ketiga pada setiap tahunnya tersebut turut dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Kadis Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati, Sekda Tangsel Muhamad, Budayawan Betawai Ridwan Saidi, dan komedian Narji.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...