Ratusan Unit RTLH di Lebak Dapat Bantuan Perbaikan

Date:

Rumah rusak
Potret kemiskinan di Banten.(Dok. Banten Hits)

Lebak – Sebanyak 442 unit rumah tidak layak huni (RTLH), milik masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Lebak, akan mendapatkan bantuan perbaikan dari pemerintah setempat, melalui program bantuan stimulan rumah swadaya.

Informasi yang diperoleh Banten Hits, dari jumlah 442 unit RTLH tersebut, 295 unit diantaranya RTLH perkotaan, tepatnya di lima kelurahan di Kecamatan Rangkasbitung. Sedangkan sisanya sebanyak 147 unit berada di wilayah perdesaan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Lebak.

Kepala DPKPP Lebak, Wawan Hermawan mengatakan untuk bantuan stimulan perumahan swadaya 295 unit RTLH, alokasi anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK) 2018. Sedangkan untuk bantuan stimulan perumahan swadaya bagi 147 unit RLTH, dialokasikan dari APBD murni 2018. Sedangkan jumlah uang untuk rehab yang akan diterima masing-masing rumah dari DAK 2018, yaitu sebesar Rp 15 juta berbentuk material. Sedangkan jumlah uang untuk rehab yang diterima masing-masing pemilik 147 RTLH dari APBD 2018, yaitu sebesar Rp 8,5 juta berbentuk material.

“Sebelum program ini dilaksnakan, kami akan melakukan perfikasinya terlebihidahulu. Karena bukan tidak mungkin, setelah kami verifikasi, ada RTLH yang sudah menjadi milik orang lain, atau sudah dibangun terlebih dahulu oleh pemiliknya,” ujar Wawan Hermawan, Selasa (9/1/2018).

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman pada DPKPP Lebak, Ahmad Hidayat menambahkan, verifikasi terhadap calon penerima bantuan stimulan rumah swadaya tahun ini, akan dimulai pada pertengahan Februari. Sedangkan proses realisasi pencairan, hingga penyedian material untuk rehabnya sendiri, sekitar Juli tahun ini.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, maka dalam program ini, kami akan melakukan pengawasannya secera ketat. Bahkan, masing-masing rumah yang mendapatkan bantuan rehab ini, akan dikontrol tahapan pelaksanannya, sehingga bantuan yang diberikan, benar-benar digunakan untuk merah rumah tersebut,” tandasnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related