Ratusan Hektar Sawah di Pandeglang Selatan Terancam Gagal Panen Akibat Hama Wereng

Date:

RATUSAN HEKTAR SAWAH DI PANDEGLANG SELATAN DISERANG HAMA WERENG
Tanaman padi milik petani di Pandeglang bagian selatan terlihat mengering akibat terserang hama wereng. Ada ratusan hektar lahan padi terancam gagal panen akibat serangan hama wereng.(Banten Hits/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Ratusan hektar sawah di Kabupaten Pandeglang dilaporkan terserang hama wereng. Lahan pesawahan yang paling parah terdampak hama wereng berada di Pandeglang bagian selatan yang di antaranya meliputi lima kecamatan, yakni Kecamatan Patia, Pagelaran, Sukaresmi, Sobang, dan Panimbang.

Wartawan Banten Hits Engkos Kosasih melaporkan, akibat serangan hama wereng tersebut, tanaman padi petani menjadi mengering sehingga dipastikan bakal gagal panen yang musimnya akan segera berlangsung dalam waktu dekat.

Uci, salah seorang petani di Kecamatan Patia mengatakan, serangan hama wereng terjadi sejak Idul Fitri 1439 H. Belum ada tindakan apapun dari dinas terkait di Kabupaten Tangerang untuk mengatasi serangan hama wereng ini.

Nurdin, petani lainnya di Kecamatan Patia berharap Pemkab Pandeglang segera melakukan langkah cepat untuk mengatasi serangan hama wereng.

“Sawah kami terancam menurun hasil panennya, (bahkan) bisa juga gagal panen. Kami harap pemerintah segera turun dan memberikan solusi terkait serangan hama ini,” kata Nurdin, Selasa, 26 Juni 2018.

Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang Dede Sumantri yang langsung melakukan pengecekan ke sawah-sawah petani yang terkena hama wereng, mengaku telah mendapatkan keluhan dari banyak petani. Serangan hama wereng yang menyerang padi petani, kata Dede, terjadi hampir setiap tahun.

“Mayoritas masyarakat di sana petani. Tidak sedikit yang mengeluh, mereka hawatir gagal panen dan mereka merugi,” ungkapnya.

Anggota Partai Keadilan Sejahtra (PKS) ini meminta agar Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang melalui penyuluh pertanian agar segera turun ke lapangan mencari solusi untuk kesulitan yang saat ini dihadapi para petani.

“Distan jangan diam ketika warga meminta untuk meninjau persawahan. Berikan solusi, agar para petani merasa terbantu,” tambahnya.(Rus)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...