Revitalisasi Banten Lama Mulai Berwujud, Pemangku Adat Sebut Seperti Mimpi

Date:

Andika dan LPA Kesultanan Banten
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat menghadiri acara rapat kerja Lembaga Pemangku Adat dan silaturahmi akbar Dzurriyat Kesultanan Banten. (Banten Hits/ Mahyadi)

Serang – Ketua Lembaga Pemangku Adat Dzurriyat Kesultanan Banten Tb Abas Wasse mengaku pihaknya seperti tengah bermimpi menyaksikan proses revitalisasi kawasan Banten Lama yang digagas Pemprov Banten di bawah koordinasi langsung Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang mulai berwujud.

Seperti dilansir siaran pers Humas Pemprov Banten, Tb Abbas Wasse menuturkan, tak sedikit kalangan yang meneteskan airmata haru demi melihat hasil dari proyek revitalisasi tersebut.

“Ada peziarah yang sampaikan menangis terharu melihat hasil revitalisasi ini. Bagi kami ini memang seperti mimpi,” kata Abbas Wasse usai mendampingi Andika meninjau proses revitalisasi kawasan Banten Lama, Rabu siang, 26 September 2018.

Sebelum proyek revitalisasi Banten Lama digagas pasangan Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, pihaknya tidak pernah begitu antusias dengan program-program penataan Banten Lama.

Hal itu mengingat memang selama hampir 18 tahun Provinsi Banten berdiri, upaya penataan kawasan Banten Lama sangat sulit dilakukan karena berbagai persoalan dan banyaknya kepentingan.

“Tapi Alhamdulillah melalui kepercayaan Pak Gubernur kepada saudara kami Pak Andika yang sekarang menjabat sebagai wakil gubernur, ternyata penataan dapat dilakukan,” ujarnya.

Andika tiba di kawasan Banten Lama sekitar pukul 13.00 WIB didampingi  Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemprov Banten M Yanuar.

Menurut Andika, dirinya datang untuk meninjau perkembangan proses revitalisasi, terutama revitalisasi tahap awal yang meliputi zona inti, yakni kawasan di seputar Masjid Agung.

Andika juga mengaku ingin memastikan apakah plaza Mesjid Agung yang seluas 1,4 hektar hasil revitalisasi sudah siap digunakan untuk acara syukuran HUT Provinsi Banten ke-18 pada 4 Oktober mendatang.

“Dan setelah melihat progress-nya, saya optimistis rencana Pak Gubernur untuk menggelar acara syukuran HUT Banten ke -18 di tempat ini dapat terlaksana,” katanya.

Di lokasi, Andika menyaksikan pelataran plaza seluas 1,4 hektar sduah hampir semuanya dilapisi oleh keramik berkualitas tinggi yang tidak mengeluarkan suhu panas meski terkena sorotan sinar matahari di siang bolong seperti siang itu yang suhunya mencapai 33 derajat celsius. Andika juga menyaksikan 8 unit  payung madinah sudah terpasang secara beraturan di areal plaza tersebut.

Andika juga sempat meninjau kanal yang terletak di samping Mesjid Agung. Di sana Andika menyaksikan kanal yang sudah dilakukan pengerukan tersebut sudah mulai tergenang oleh air. Andika juga sempat meninjau pengerjaan pedestarian yang dipasang mengelilingi kawasan benteng Surosowan.

Andika lalu menyempatkan menyapa para peziarah di Mesjid Agung . Selain menanyakan kesan para peziarah atas proyek revitalisasi yang dilakukan, Andika juga membantah rumor yang beredar, bahwa pasca-revitalisasi peziarah ke Banten Lama akan dikenai tiket masuk.

“Saya tegaskan itu rumor. Tidak benar sama sekali. Jadi jangan hawatir. Tempat ini akan dikelola secara professional sesuai dengan ketentuan perundangan yang sudah barang tentu saya pastikan tidak akan ada tiket-tiket seperti itu,” paparnya.

Lebih jauh soal acara syukuran HUT Provinsi Banten ke-18 di tempat tersebut, Andika mengatakan, bahwa akan diadakan pesta rakyat berupa disediakannya makanan dan minuman gratis bagi sekitar 6 ribu orang.

“Juga aka nada permainan-permainan rakyat. Pokoknya kitakan buat HUT Banten kali ini meriah dan menjadi milik warga Banten,” imbuhnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....