12 Desa di Muncang Ikuti Gema Berbangsa

Date:

Gema Berbangsa di Muncang Lebak
Camat Muncang, Lingga Segara saat memaparkan materi mengenai laporan pertanggungjawaban anggaran desa. (Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak – Dua belas desa di Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak mengikuti Gerakan Bersama Tertib Penanggungjawaban Anggaran Desa (Gema Berbangsa) di Aula Kecamatan Muncang, Kamis (25/10/2018).

Camat Muncang, Lingga Segara menjekaskan, bimtek penyusunan laporan pertanggungjawaban anggaran desa merupakan upaya mendukung komitmen poin keempat rencana aksi Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan KPK dalam melaksanakan tata kelola dana desa yang efektif dan akuntabel sekaligus sebagai realiasasi pelaksanaan tugas Diklatpim III tahun 2018.

“Pemerintah desa (Pemdes) harus mahir menyusun laporan pertanggungjawaban anggaran desa,” kata Lingga kepada BantenHits.com.

Ada tiga kegiatan utama Gema Berbangsa yakni, bimtek, Gema Berbangsa keliling desa dan gelar hasil pembangunan desa.

Nantinya, setiap desa akan dicek laporan pertanggungjawaban anggaran dan mengevaluasi penerapan hasil bimtek yang sudah dilaksanakan.

“Ini dilakukan untuk memotivasi Pemdes melaksanakan pembangunan dengan baik, dan dalam rangka peningkatan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa,” jelas Lingga.

Kegiatan yang diikuti kepala desa, bendahara, kaur keuangan, dan PTPKDes ini diharapkan meningkatkan kemampuan aparatur desa dalam bidang pengelolaan dan pertanggungjawaban anggaran.

“Saya harap desa dapat memahami dan menerapkan kegiatan Gema Berbangsa agar tersusun laporan anggaran desa yang tertib dan akuntabel,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related