Sebanyak 400 Siswa Ikuti Seleksi Paskibra

Date:

Banten Hits – Sebanyak 400 siswa SMA/SMK se-Kota Tangerang mengikuti seleksi dan diklat Paskibraka tingkat kota. Pelatihan yang digelar dari Jumat hingga Minggu (11-14/4/2013) itu akan memilih siapa yang akan mengibarkan sang saka merah putih saat perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

Dikatakan Reza Pahlevi selaku Pelaksana Teknis Kegiatan, seleksi dan diklat yang diadakan di SMPN 13 Kota Tangerang itu, akan membagi siapa saja yang akan mengibarkan di tingkat nasional dan provinsi, kota, dan di tiap kecamatan. “4 ratus orang ini kita bagi, 12 orang untuk perwakilan kota di Provinsi Banten dan di Istana Negara,” ujar Reza.

Sisanya ada sebanyak 17 dan 45 orang untuk pengibaran di Kota Tangerang, ditambah cadangan kota. Sisanya ada sekitar 300 orang untuk mengibarkan yang tersebar di 12 kecamatan se Kota Tangerang. “Sebab satu kecamatan yaitu Kecamatan Tangerang ikut di kota, jadi 12 kecamatan lainnya baru kita sebar,” jelas Reza.

Pada kegiatan yang berlangsung tiga hari tersebut, Reza menjelaskan, dua hari pertama akan diisi dengan pelatihan materi. Yakni dari Walikota dan Wakil Walikota Tangerang, Sekda Kota Tangerang, serta perwakilan Persatuan Paskibraka Indonesia (PPI).

“Pada Minggu full di lapangan untuk melakukan seleksi berdasarkan tinggi badan. Nantinya mereka dibariskan, ditepuk pundaknya, siswa mana yang ditepuk dia yang pindah barisan, kemudian diatur formasinya,” ucap Reza. Bongkar pasang seperti ini, jelasnya, berlangsung dari pagi hingga sore, sehingga didapat posisi yang tepat sebagai untuk pengibaran 17 Agustus nanti.

Sebelumnya, ada sekitar 742 siswa yang mengikuti pradiklat. Dari 742 siswa ini kemudian melakukan tes fisik, seperti sit up, push up, lari 15 menit dan latihan baris berbaris (LBB), didapat 400 siswa yang lolos pda tahapan diklat.

“Pada tahap diklat ini, siswa diharuskan menginap disekolah,” pungkas Reza. (Rie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...