Mulai Senin Industri di Kabupaten Tangerang Didata

Date:

Banten Hits.com – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memeritahkan Disnaker, Camat dan Kepala Desa, mulai Senin lusa (13/05/2013) untuk melakukan pendataan perusahaan dan home industri yang ada di wilayahnya masing-masing.

Instruksi ini disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Tangerang itu untuk mengantisipasi terjadinya kasus praktik perbudakan sebagaimana yang terjadi di pabrik kuali milik Yuki Irawan, di Desa Lebak Wangi, Kabupaten Tangerang.

“Hari Senin, Disnaker bersama pihak kecamatan, kelurahan atau desa akan mendata industri-industri yang ada termasuk industri kecil,” ujar Zaki saat meninjau salah satu industri yang memproduksi kuali di Desa Salembaran Jati, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Jumat siang (10/05/2013).

Zaki menegaskan dirinya tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi tegas kepada industri yang tidak mengantongi izin. “Kita akan tindak tegas dan kalau perlu ditutup industrinya,” jelas Zaki.

Terkait kasus praktik perbudakan yang terjadi di pabrik kuali milik Yuki Irawan di Desa Lebak Wangi yang menjadi pusat perhatian publik, Zaki mengatakan akan terus melakukakan pemantauan hingga kasus tersebut diusut tuntas. Dirinya juga berjanji akan membantu para buruh yang menjadi korban untuk memperoleh haknya.

Sementara itu, saat melakukan peninjauan di industri kuali UD Wahana Logam di Desa Salembaran Jati Kecamatan Kosambi, Zaki sempat meninjau proses pembuatan kuali yang ada di home industri tersebut.

Meski menurutnya home industri kuali yang ditinjaunya cukup baik dalam memperlakukan para karyawannnya, Zaki meminta kepada pihak pengelola untuk memperhatikan kesehatan para karyawan.

UD.Wahana Logam sendiri mempekerjakan sebanyak 40 orang karyawan yang mayoritas warga setempat. Setiap harinya, para karyawan masuk kerja sejak pukul 08.00 sampai pukul 16.00. Dalam sehari, industri kuali ini bisa memproduksi sebanyak 200 pcs kuali dengan omset Rp. 100 juta per bulan.

“Karyawan kita sebanyak 40 orang dan semua warga sekitar. UD Wahana Logam ini legal dan mengantongi izin,” aku Hanson, pemilik UD Wahana Logam. (Ramzy)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...