Sekolah Anggaran Urban Institute Gali Pemahaman Soal Anggaran

Date:

Banten Hits.com – Guna memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam membaca anggaran daerah (APBD) yang baik dan komperhensif, Urban Institute membuka pendaftaran pembelajaran melalui Sekolah Anggaran.

Diharapkan, melalui sekolah tersebut para peserta yang merupakan mahasiswa atau aktivis kemahasiswaan mampu merangsang kemampuan dirinya untuk melakukan kontrol, mengawasi dan memberikan saran kepada Pemerintah Daerah yang berkaitan dengan pengelolaan dan penggunaan anggaran.

“Ya, pembelajarannya rutin dilakukan setiap minggu. Setelah, berjalan 3 bulan pembelajaran akan menginjak kepada tahapan praktek,” ujar Direktur Urban Institute, Zey Aushof Yasir, kepada Banten Hits.com.

Zey mengatakan, setelah 3 bulan berjalan bulan atau sekurang-kurangnya 6 kali pertemuan, peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok yang kemudian akan diberikan bahan soal anggaran daerah.

“Anggaran itu sebagai bahan kajian masing-masing kelompok untuk didiskusikan. Dari kajian itu, mereka diharapkan mengetahui dimana letak kelemahan anggaran yang disusun. Barulah, akan didiskusikan bagaimana seharusnya anggaran yang baik,” terangnya.

“Dari situ, setelah semuanya paham betul bagaimana seharusnya anggaran yang baik dan proporsional antara kepentingan belanja pegawai dan belanja publik baru kita akan coba dorong dan menyampaikan saran kepada Eksekutif dan Legislatif. Kalau kawan-kawan belum tau benar bagaiman kita bisa mengkritik atau memberikan saran,” paparnya.

Namun saat ditanya bagaimana pendapatnya tentang anggaran daerah Kabupaten Lebak saat ini, ia belum mau berbicara banyak.

“Kita belum bisa berbicara itu, karena kita bisa akan lebih enak menilai setelah kita sendiri pun tau dan paham soal anggaran. Harapan kami, ada keseimbangan dalam anggaran yang setiap tahun disusun. Termasuk, anggaran 2014 juga menjadi salah satu materi pembelajaran dalam sekolah ini,” katanya.

Selain dari Forum Advokasi Anggaran Rakyat, pemateri yang akan memberikan pembelajaran dalam Sekolah Anggaran tersebut adalah dari Pattiro dan Fitra.

Mau lebih tau dan paham bagaiamana sebenarnya anggaran daerah yang pro publik atau tidak serta mau meningkatkan kemampuan dalam memahami anggaran, silahkan daftar ke Sekolah Anggaran Urban Institute di nomor handphone 08777 44444 85 dan 0822 980227 65. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...