Jelang Ramadan, Harga Daging di Pasaran Melonjak

Date:

Banten Hits – Harga daging sapi dan daging ayam serta sejumlah komoditas barang kebutuhan pokok di Kabupaten Tangerang mengalami kenaikan. Kondisi tersebut diduga dipicu oleh semakin dekatnya bulan puasa Ramadan.

Harga daging sapi hampir di semua pasar tradisional di Kabupaten Tangerang mengalami lonjakan cukup tajam. Kondisi ini sebagaimana terjadi seperti di Pasar Kelapa Dua. Harga daging sapi yang semula hanya Rp 95.000 per kg kini naik menjadi Rp 100.000 per kg, kenaikan diprediksi masih akan terjadi hingga H-1 bulan puasa.

Demikian juga dengan daging ayam yang semula harganya hanya Rp 29.000 hingga Rp 30.000 per kg kini menjadi Rp 35.000 per kg. Daging ayam kampung yang semula Rp 50.000 per kg kini naik menajdi Rp 60.000 hingga Rp 65.000 per kg.

Apid (35), pedagang daging di Pasar Kelapa Dua mengatakan, kenaikan harga daging tersebut telah berlangsung selama kurang lebih lima hari yang lalu. Karena awalnya harga daging tetap normal, karena pasokan ternak juga tetap lancar, demikian juga pasokan daging dari bandar-bandar besar tetap lancar.

“Kenaikan harga biasanya dipicu oleh dua hal, pasokan yang kurang atau menjelang hari raya besar seperti menjelang puasa dan lebaran atau Idul Adha,” ujarnya, Senin (25/5/2015).

Kenaikan harga daging tersebut lanjut Apid, diprediksi masih akan terus terjadi hingga H-1 bulan Ramadan mendatang, harga daging bisa mencapai Rp 110.000 bahkan Rp 120.000 per kg.

 

Setelah masuk Ramadan harga baisa normal kembali menjadi sekitar Rp 100.000 untuk eceran sedangkan untuk pelanggan seperti pedagang bakso yang pembeliannya dalam jumlah besar biasanya lebih rendah.

“Harga akan kembali normal biasanya pada satu hari menjelang puasa,” ungkapnya. (Uud)

Tidak hanya daging, kenaikan harga juga terjadi pada telur ayam. Harga telur ayam yang semula hanya Rp 18.500 kini naik menjadi Rp 19.500 hingga Rp 20.000 per kg. Malah di sejumlah kios eceran telur ayam kini sering kali kosong akibat pasokan yang tersendat. (Uud)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...