Panwascam Tangsel Dilantik, Bawaslu Banten Minta Jaga Independensi

Date:

Banten Hits – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Banten Pramono U. Tantowi berharap kepada anak buahnya untuk menjaga independensi diri. Dia mengingatkan bagi para anggota yang ketahuan melanggar aturan yang berlaku bakal diberi sanksi tegas.

“Saya tekankan, Panwascam adalah kontroling utama di bawah Panwaslu. Panwascam harus berpegang teguh pada independensi diri, tidak memihak pada parpol, calon walikota dan wakil walikota, atau pada media massa sekalipun,” paparnya saat menghadiri pelantikan 21 anggota Panwascam Kota Tangsel, di Santika Hotel BSD, Kecamatan Serpong, Jumat (10/7/2015).

Dia mengemukakan meski dalam aturan ataupun sumpah jabatan sudah tertulis dan dilantangkan dengan kesadaran diri, namun berbagai tindakan pelanggaran bisa dilakukan tanpa sadar. 

Makanya, menurut Tantowi perlu adanya saling mawas diri antar anggota, agar penyelenggaraan Pilkada serempak di Kota Tangsel ini bisa aman tanpa ada konflik.

Kalau sampai ketahuan ada anggota Panwaslu atau Panwascam yang ketangkap basah melanggar aturan yang berlaku, Bawaslu tanpa segan akan menindak tegas. “Tentu saja ada tindakan tegas, sampai laporan ke tindak pidana,” tegasnya.

Ketua Panwaslu Muhammad Taufik MZ mengatakan, pasca sebulan lebih pengumuman kelulusan anggota Panwascam dilakukan, baru Jumat (10/7/2015) dilantik. 

Setelah dilantik, puluhan anggota Panwascam tersebut langsung masuk kelas untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek).

“Semenjak pengumuman Panwascam hampir satu bulan, baru sekarang kita bisa melakukan pelantikan. Karena dana hibah dari Pemkot Tangsel baru cair Rabu (8/7/2015),” ujarnya.

Meski begitu, Taufik mengaku tidak terlambat dalam menjalankan tugas Panwascam di tiap kecamatan. Sebab, pihaknya tetap mengikuti perkembangan tahapan Pilkada yang sudah ditentukan KPU. 

Untuk mengebut kesiapan Panwascam, pada malam hari pasca pelantikan, ke 21 anggota bakal langsung masuk kelas bimbingan teknis (bimtek).

Bimbingan sendiri tidak dilakukan sehari saja, melainkan dilakukan selama dua hari. Sehingga, keluar dari bimtek tersebut, para anggota Panwascam bisa langsung menjalankan tugasnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku. 

“Sehingga diharapkan, pelaksanaan pengawasan maupun pengamanan Pilkada mendatang akan berlangsung sesuai yang diharapkan,” pungkasnya. (Uud)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Laporan Pelanggaran di Pilkada Tangsel Tertinggi

Banten Hits - Pilkada serentak tahun 2015 telah selesai....

Panwas Tangsel Akan Tindak Tegas Pasangan yang Masih Berkampaye di Masa Tenang

Banten Hits - Panitia Pengawas Pilkada (Panwasda) Kota Tangerang...

Nanti Malam Debat Kandidat, Nobar di Panwaslu Tangsel Yuk!

Banten Hits - Debat kandidat wali kota dan wakil...

DKPP Putuskan Tiga Komisioner Panwaslu Tangsel Terbukti Melanggar Etika

Banten Hits - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan...