Ini Benda Sejarah Kerajaan Banten yang Dipamerkan di Eks Pendopo Banten

Date:

Banten Hits – Museum Nasional Republik Indonesia menggelar road show di empat kota di Banten, salah satunya di Kota Serang yang berlokasi di kawasan Eks Pendopo Gubernur Banten, Jalan Brigjen KH Syam’un, Kota Serang, Kamis (10/9/2015).

(BACA JUGA : Mahkota Sultan Banten Dipamerkan, Gedung Eks Pendopo Diserbu Anak Sekolah)

Road show di Serang merupakan titik terakhir setelah sebelumnya digelar di Rangkas Bitung, Pandeglang, dan Cilegon. Kegiatan edukatif tersebut disambut antusias ratusan siswa sekolah dasar di Serang.

Dalam acara tersebut, Museum Nasional Republik Indonesia memamerkan benda-benda sejarah penting di Banten. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Ali Fadilah menyebutkan benda-benda sejarah yang paling penting di pameran itu sebagai berikut:

Pertama, replika kesultanan Banten. Mahkota ini pernah digunakan oleh Sultan Maulana Hasanudin pada tahun 1552 sampai Sultan Muhammad Rafiudin di tahun 1820. Berbahan emas berhiaskan motif dedaunan dan sulur yang terbuka, dilengkapi batu permata dan lapisan halus sebagai dekorasi di bagian atasnya. 

Mahkota ini sangat terpengaruh Islam dalam corak karya seni indahnya kesultanan Islam yang kental. Pada bagian dalam terdapat penutup kepala dari perak yang rajutan benang emas halus.

Benda berharga tersebut, merupakan penanda peranan penting perkembangan dan penyebaran Islam di Nusantara pada abad 16 hingga abad 19. Kesultanan Banten disingkirkan Belanda pada tahun 1832.

Berikutnya adalah foto keris Sultan Muhyi yang berbahan besi, nikel, kayu, dan suasa. Sebuah keris dengan warangka (Sarung) yang terbuat dari kayu dengan pendok suasa putih. Gagang terbuat dari tanduk rusa. Bilah dapur lurus dan berpamor. Gandik dan ri-phandan berbentuk orang yang sedang berdo’a.

“Dua keris itu, merupakan benda penting seorang Sultan, fungsinya seperti tongkat komando hari ini,” ungkap Ali Fadilah, Kamis (10/9/2015) di lokasi pameran.

Tentu saja, bukan berarti benda lain yang dipamerkan tidak penting, tetapi dua macam benda tersebut merupakan penanda, bahwa di Banten pernah berdiri sebuah kerajaan Islam yang kemasyhurannya dikenal seantaro Jagad, tidak hanya di Nusantara saja melainka sampai Eropa.

“Kejayaan Banten dahulu dikenal sampai Eropa,” jelasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...