Over Kapasitas! Penghuni Rutan Jambe Capai 1.300 Orang

Date:

Banten Hits – Rumah Tahanan (Rutam) Jambe di Kabupaten Tangerang dibangun untuk menampung 700 warga binaan. Namun saat ini, satu-satunya Rutan di Kabupaten Tangerang sudah dipadarti oleh 1.300 warga binaan. Akibatnya, seluruh ruangan tahanan menjadi sempit karena kondisinya yang sudah over kapasitas.

Kepala Seksi Pelayanan Rutan Jambe Abdul Aziz mengakui, kapasitas yang terbatas membuat pihaknya kewalahan. Selain perlu penanganan yang ekstra, keberadaan ruang yang sangat terbatas juga sering membuat pihaknya cepat mengirim para tahanan ke Lapas untuk mengurangi over kapasitas tersebut.

“Kapasitasnya 700 orang tapi sekarang sudah diisi 1.300. Jadi memang sudah over sekali,” kata Aziz, Senin (21/12/2015).

Dari 1.300 penghuni Rutan, Aziz memaparkan, kebanyakan adalah tahanan dengan perkara Narkoba. Baik itu pengguna maupun pengedar. Hal tersebut, membuat pihak Rutan harus ekstra ketat dalam melakukan pengawasan terhadap para penghuni Rutan.

“Sidak dadakan dilakukan secara rutin. Termasuk tes urine secara berkala kepada penghuni Rutan. Paling tidak, hal itu diharapkan bisa meminimalisir agar jangan sampai terulang kembali peredaran Narkoba, apalagi di dalam rutan,” jelasnya.

Pihak Rutan terus melakukan langkah-langkah agar tidak terus terjadi penumpukan. Salah satunya dengan pengiriman tahanan, terutama bagi yang sudah diputus perkaranya oleh Pengadilan.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related