Lebak Bukan Terbaik Soal Transparansi Informasi Publik, Wkl Ketua KTP: Lihat Tahun Depan!

Date:

Banten Hits – Komisi Informasi (KI) Banten memberikan anugerah kepada Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Pemeritah Kabupaten Pandeglang sebagai Badan Publik Badan Publik kategori Pemerintah Kota/Kabupaten se-Provinsi Banten terbaik dalam Transparansi Informasi Publik Tahun 2015.

Namun tidak masuknya Kabupaten Lebak dalam anugerah tersebut diakui menjadi ‘tamparan’ Komisi Transparansi dan Partisipasi (KTP) Lebak Jilid IV. Pasalnya, lembaga independen yang bermarkas di Jalan RT Hardiwinangun inilah yang mempunyai tugas dan fungsi dalam mendorong terbangunnya informasi publik di Kabupaten tersebut. (BACA: Punya Perda Transparansi, Lebak Justru Bukan yang Terbaik dalam Transparansi Informasi Publik).

“Jujur ini ‘menampar’ muka KTP. Lihat tahun depan!. Kita optimis bisa lebih baik dari sekarang,” kata Wakil Ketua KTP Lebak Muharam Albanna kepada Banten Hits, Jumat (25/12/2015).

Kata pria yang akrab disapa Mumu ini, ada berbagai ‘jurus’ yang akan dipersiapkan lembaganya untuk lebih mendorong transparansi di setiap Badan Publik (BP) di Kabupaten Lebak. Salah satunya meminta Sekretaris Daerah membuat Surat Edaran (SE) mengenai informasi yang nantinya harus disebarluaskan di Pemerintah Desa (Pemdes).

“Kita juga akan buat Daftar Informasi Publik (DIP) bersama atasan PPID dan nnti hasilnya harus digunakan oleh BP yang ada di lingkungan Pemkab Lebak,” ujar Mumu.

KTP kata dia, akan mendorong BP di lingkungan Pemkab Lebak untuk menyiapkan berbagai hal yang menyangkut pelayanan informasi termasuk meja PPID. Sementara itu, terkait dengan situs resmi Pemkab Lebak yang saat ini masih saja tidak update, Mumu mengaku situs tersebut memang harus digunakan dan dilengkapi dengan berbagai konten.

“Itu yang akan kita lakukan di tahun depan, selain kita juga akan memberikan pemeringkatan pada BP,” tandasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...