Belum Ditemukan Lahan Pengganti Bandara di Panimbang

Date:

Banten Hits – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang, kesulitan menemukan lahan baru untuk mengganti lahan pertanian seluas 350 hektar di Kecamatan Panimbang, Pandeglang yang rencananya bakal dibangun bandara. Meskipun nantinya ada lahan pengganti, belum tentu air di wilayah tersebut mencukupi.

“Sampai saat ini kami belum menemukam lahan yang akan dicetak untuk lahan baru. Kalau pun ada  dijadikan lahan baru bisa saja, cuma airnya ada gak,” tutur Kadistanak Pandeglang Wowon Dirman kepada Banten Hits belum lama ini.

Menurut Wowon, dengan kondisi seperti itu, lahan pertanian di wilayah tersebut dapat dipastikan akan berkurang karena akan dijadikan bandara sebagai penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Pemkab Pandeglang memiliki solusi lain untuk meningkatkan hasil panen dengan cara memaksimalkan lahan yàng ada agar lebih meningkat.

“Memang secara luasan lahan akan berkurang, tetapi pemerintah akan mencari jalan keluar walaupun lahan berkurang. Tapi bagaimana caranya setiap hektaran itu ada peningkatan dari sebelumnya,” jelasnya.

Wowon menyebutkan, berdasarkan statistik luas lahan pertanian se Kabupaten Pandeglang seluas 54.768 hektar. Sedangkan jika ada penurunan atau tidak lahan tersebut mengacu pada data yàng ada di BPS.

“Berkurang atau tidak lahan pertanian itu ada di statistik,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Keluarga Mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar (KBM Unma) Banten mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menyiapkan lahan untuk mengganti 350 hektar lahan di Kecamatan Panimbang yang dipakai untuk pembangunan bandara. Lahan pengganti dianggap penting agar tidak hilangnya lahan hidup setelah ratusan hektar lahan tersebut.

BACA JUGA: Pembangunan Bandara Pandeglang, Mahasiswa Desak Pemda Siapkan Lahan Pengganti

“Pemkab Pandeglang harus segera menyiapkan lahan pengganti, Karena, di atas lahan 350 hektar yang akan dibangun menjadi Bandara tersebut, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan ekonominya,” kata juru bicara KBM Unma Banten, Rodi Herdiana, kepada Banten Hits, Sabtu (19/3/2016).

Sedangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang mengaku, masih melakukan kajian untuk mencari lahan pengganti di Kecamatan Panimbang yang akan dibangun.

“Kita banyak masukan soal lahan itu. Apalagi lahan yang dipakai Bandara adalah lahan produktif, jadi kalau dibagun Bandara ya kita harus cari gantinya. Makanya, sekarang masih kita pikirkan,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang Aah Wahid Maulany, kepada Banten Hits , Rabu (30/3/2016).(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related