Tak Mampu Wujudkan Adiwiyata, Kepsek di Lebak Bakal Digeser

Date:

Banten Hits – Kepala Sekolah di Lebak kini punya tugas baru. Mereka, harus mampu menerapkan wawasan lingkungan di sekolah yang dipimpinnya. Tak Bisa menerapkan hal itu, Kepala Sekolah harus ikhlas diganti.

Kebijakan tersebut disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Mantan anggota DPR RI ini mengancam akan menggeser Kepala Sekolah yang tak mampu menerapkan hal tersebut.

“Udah geser aja kalau Kepala Sekolahnya tidak berwawasan lingkungan, karena itu artinya mereka tidak turut berjuang mewujudkan sekolah Adiwiyata,” kata Iti, di sela peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Alun-alun Rangkasbitung, Jumat (27/5/2016).

Iti menerangkan, program Adiwiyata akan menciptakan warga sekolah, khususnya peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan Sumber Daya Manusia berkarakter bangsa terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di daerah.

“Saya minta Dinas Pendidikan terus memotivasi Kepala Sekolah untuk mewujudkan ini (Adiwiyata). Kalau tidak bisa, ganti. Karena masih banyak orang yang mau dan yang masih punya komitmen untuk membangun Lebak,” tegas Iti.

Bupati menjelaskan, Adiwiyata merupakan tempat ideal mendapat ilmu pengetahuan dan berbagai norma, serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita‐cita pembangunan berkelanjutan.

“Tujuannya mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab melindungi dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak, Wawan Ruswandi akan segera menindak lanjuti instruksi Bupati.

“Ya tentu akan kita tindak lanjuti, karena kita tahu selama ini Ibu Bupati terus bekerja keras agar Kabupaten Lebak jadi daerah Adiwiyata,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related