KPU Minta Pers Jaga Independensi di Pilgub Banten

Date:

Banten Hits – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta pers tidak bertindak sebagai peramal cuaca yang mengabarkan spekulasi pasangan calon yang akan memenangkan Pilgub Banten 2017 mendatang.

“Pers punya fungsi informasi, memberikan pendidikan kepada masyarakat dan kontrol sosial. Pers punya peran yang sangat strategis dalam menyebarluaskan informasi,” kata Komisioner KPU Lebak CR. Nurdin, saat sosialisasi dan informasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten 2017, di lingkungan organisasi wartawan Lebak, di gedung Bangkit Rangkasbitung, Kamis (13/10/2016).

Kata Cedin, kekhawatiran terhadap insan pers perlu diwaspadai. Hal ini lantaran pers bisa terjebak menjadi sarana kampanye dan perang opini antar pasangan calon.

“Pers cukup memberitakan dengan akurat, apa yang terjadi atau siapa yang berbuat dan berbicara, ungkap praktik money politic atau upaya manipulasi lainnya,” ujar Cedin.

“Jurnalis harus cerdas dan waspada dengan komentar atau pandangan yang berpotensi mengadu domba. Intinya, pers harus mampu menjaga integritas, independesi dan sikap kritisnya,” sambung Cedin.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan PWI Provinsi Banten Nana Sutisna Amdan mengatakan, dalam penyebaran informasi, pers punya peran yang penting, terutama pada Pilgub Banten.

“Menyajikan pemberitaan dengan tetap bersikap independen. Karena, media bisa bisa jadi peredam atau bahkan menjadi pemicu konflik di Pilgub Banten,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wahidin Halim: Saya Wakafkan Diri untuk Rakyat Banten

Serang - Wahidin Halim (WH)-Andika Hazrumy resmi menjabat gubernur...

Rano Karno Siap Bantu Pemerintahan WH-Andika

Serang - Mantan Gubernur Banten Rano Karno menghadiri sertijab...

Dilantik, Wahidin Halim-Andika Hazrumy Resmi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten

Jakarta - Wahidin Halim-Andika Hazrumy resmi dilantik menjadi gubernur...

Sore Ini, Jokowi Lantik Wahidin Halim-Andika Hazrumy

Jakarta - Wahidin Halim (WH)-Andika Hazrumy, sore ini akan...