Connect with us

METROPOLITAN

Menteri BUMN Akan Bantu Nelayan dan Peternak di Lebak

Published

on

 

Banten Hits – Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Binuangeun dan peternakan sapi di Kampung Julat, Desa Muara Dua, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Rabu (26/10/2016).

BACA JUGA: Menteri BUMN, JB dan Bupati Iti Kompak Salam Dua Jari

Di TPI Binuangeun, perempuan lulusan Wellesley College Massachusetts, USA ini menyempatkan diri berbincang-bincang dengan nelayan. Didampingi Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Rini menerima keluhan para nelayan yang mengadu berkurangnya hasil tangkapan karena peralatan yang dimiliki nelayan tradisional di daerah Lebak Selatan ini sangat minim.

“Kita akan tambah pasokan BBM, listrik serta bantuan alat tangkap ikan berupa jaring agar kebutuhan nelayan pada saat musim takap ikan bisa tercukupi,” kata Rini.

BACA :  BKP Cilegon Amankan Puluhan Komoditi Hewan dan Tumbuhan tanpa Dokumen

Tak ada kesan canggung diperlihatkan sang menteri saat berbaur dengan para nelayan. Bahkan dia menyempatkan diri berbelanja ikan dengan cara ikut lelang di tempat tersebut. Rini juga menjanjikan agar akses permodalan bagi nelayan dipermudah oleh pihak perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Usai mengunjungi nelayan di pesisir selatan Kabupaten Lebak, Rini Sumarno juga berkunjung ke peternakan sapi yang terletak di Kampung Julat, Desa Muara Dua, Kecamatan Cikulur. Di tempat ini, Rini menyatakan, Menteri BUMN melalui PT Berdikari (Persero) akan bekerja sama dengan peternak untuk pengembangan sapi dan kerbau.

Perusahaan milik negara tersebut akan memberikan lima ekor sapi kepada setiap peternak yang ada di daerah itu untuk dikembangkan dengan sistem bagi hasil.

BACA :  Bukannya Sahur, Remaja di Tangerang Malah Tawuran Bawa-bawa Senjata Mengerikan

Menurut Rini, 1.000 ekor indukan sapi akan didistribusikan kepada 200 orang yang tergabung dalam kelompok peternak pada bulan Desember tahun ini. Selain itu para peternak akan diberikan bantuan kandang sebesar Rp 5 Juta. Sementara untuk pakan ternak akan dibantu PTP Perhutani dan perkebunan swasta.

Melalui kegiatan ini, Iti berharap agar daerah ini menjadi lumbung ternak nasional, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mendukung program pemerintah pusat dalam mewujudkan ketahanan pangan dan swasembada daging tingkat nasional,” ujarnya. (Rus)

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler