Pandeglang Ditunjuk Jadi Lokasi Germas, Irna Ajak Warga Biasakan Pola Hidup Sehat

Date:

Banten Hits – Kabupaten Pandeglang ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Banten. Gerakan ini serentak dilakukan di sepuluh provinsi di Indonesia. Germas di Pandeglang dipusatkan di Kampung Panandean, Desa Kupahandap, Kecamatam Cimanuk.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, Germas merupakan tindakan sistematis yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa untuk selalu berprilaku hidup sehat.

“Saya mengajak kepada masyarakat Pandeglang untuk membiasakan pola hidup sehat. Karena, sehat itu berawal dari keinginan kita sendiri,” kata Irna, kemarin.

Irna mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang telah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya pemeriksaan IVA (deteksi dini kanker leher rahim) dengan target 200 orang, pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan target 600 orang, bedah rumah sebanyak 25 Unit, dan bedah rumah melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 282 rumah di 32 kecamatan.

“Dari 264 orang yang dilakukan deteksi dini kankker leher rahim, 17 orang positif. Bedah rumah juga merupakan salah satu upaya Germas, karena sehat juga dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu,” terang Irna.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang Indah Dinarsiani menyampaikan, Pandeglang ditunjuk sebagai lokasi Germasi dari empat kabupaten yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Ada dua lokasi yang kita ajukan yakni Juhut dan Kupahanda, tapi lokasi di Juhut tidak mendukung untuk tempat olahraga dan parkir, maka dipilih Kupahandap,” ujarnya.

Acara tersebut dihadiri Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes H.M Subuh, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Diah Indrajati, Plt Gubernur Banten Nata Irawan, Forkopimda Provinsi Banten, Forkopimda Kabupaten Pandeglang, para Asisten Daerah, dan SKPD.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...