KKP Launching Sistem Pemantauan Kapal, Irna Sampaikan Persoalan Wilayah Pesisir

Date:

Pandeglang – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaunching Vessel Monitoring Aid (VMA), di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (22/8/2017).

 

Prits Panehas Lessnusa mewakili KKP menjelaskan, VMS merupakan sebuah sistem pemantauan kapal perikanan. Sistem ini juga akan mempermudah nelayan memantau ikan. Dalam kesempatan tersebut, KKP juga memberikan polis asuransi kepada para nelayan.

“Untuk memperoleh dan memantau produk perikanan dalam skala kecil secara real time, nelayan melakukan penangkapan ikan di laut yang penuh risiko, jadi semoga bisa mendapatkan manfaat bagi keluarga nelayan,” terang Prits.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan persoalan di wilayah pesisir yang diharapkan mendapat perhatian pemerintah pusat dan provinsi.

“Permasalahan kami yaitu pendangkalan, apalagi kalau musim kemarau surut sampai 3 kilometer, jadi perlu pengerukan, mudah-mudahan bisa menjadi perhatian dari pemerintah pusat dan provinsi,” ungkap Irna.

Dengan panjang pantai dan jarak Kabupaten Pandeglang yang dekat dengan ibu kota, sudah selayaknya pemerintah pusat memberikan perhatian khusus kepada Pandeglang.

“Garis panjang pantainya panjang sekali, jadi selayaknya mendapatkan perhatian dari pusat dan pemprov. Kapal di atas 10 GT harus memasang VMA. Saya harap ini bermanfaat dan dapat meningkatkan hasil tangkap nelayan,” papar Irna.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...