Connect with us

METROPOLITAN

Gratiskan Biaya Uji KIR di 10 Kota, Ini Gaya Menhub Masuk Kolong Mobil

Published

on

GRATISKAN BIAYA UJI KIR DI 10 KOTA, MENHUB BUDI KARYA SUMADI MASUK KOLONG MOBIL DI UPT PKB DISHUB KOTA TANGERANG

Menhub Budi Karya Sumadi masuk kolong mobil untuk melihat langsung proses pengujian KIR di UPT PKB Dishub Kota Tangerang, Selasa, 6 Maret 2018. Hari itu, Budi juga mengumumkan biaya pengujian KIR untuk 10 kota di Indonesia digratiskan.(Banten Hits/ Maya Aulia Aprilianti)

Tangerang – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, Selasa (6/3/2018). Dalam kegiatan tersebut, Menhub mengatakan pemerintah menggratiskan biaya Uji KIR bagi taksi online dan konvensional.

“Hari ini pemerintah memberikan gratis dengan tujuan untuk meningkatkan safety bagi semua kendaraan penumpang,” ujar Budi.

Budi mengatakan, angkutan umum taksi baik online maupun konvensional merupakan bagian dari memberikan layanan kepada masyarakat. Untuk itu, dalam memudahkan adanya pelayanan jasa angkutan yang aman, pihaknya menggratiskan biaya uji KIR di 10 kota di Indonesia, salah satunya Kota Tangerang.

BACA :  Tolak Union Busting, Buruh Demo PT Saba Pratama Cilegon

“Pemerintah ingin mereka juga memenuhi syarat keamanan tersebut, makanya kemarin setelah diberikan subsidi SIM, mulai hari ini KIR gratis paling tidak ada di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makasar, Palembang, Pekanbaru, dan Medan. Nanti dilihat lagi di kota lain ada atau tidak,” ujarnya.

Proses Uji KIR Dijamin Cepat

Menhub Budi Karya Sumadi juga memastikan, proses uji KIR hanya memakan waktu 10 menit. Pelayanan cepat itu diterapkan supaya waktu driver taksi untuk mencari nafkah tidak tersita. Selain itu, nantinya tanda lulus uji KIR bukan lagi dengan cara diketok.

“Nanti dikalungkan dikabel yang nanti dengan seal dan timah dan direkatkan. Kalau diketok biasanya ada alasan tersendiri dari pemilik mobil,” ujarnya.

BACA :  BPN Sinkronisasi Data Yuridis dan Bidang Tanah PTSL di Pandeglang

Budi Sumadi berharap, dengan digratiskannya uji KIR ini, dapat membuat driver taksi online maupun konvensional untuk segera menguji kendaraannya demi keamanan dirinya dan penumpang.

“Bahwasanya kita berkendara membawa penumpang sehingga kita berikan keselamatan dan itu bagian yang paling penting,” tandasnya.

Menhub Masuk Kolong Mobil

Saat mengunjungi UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Budi Karya Sumadi menyempatkan mengecek langsung proses uji KIR yang sedang dilakukan di instansi tersebut. Budi bahkan masuk ke kolong mobil yang sedang dilakukan pengujian KIR.

Dari dalam kolong mobil, layaknya petugas uji KIR, Budi terlihat mengamati dan memeriksa bagian mobil yang menjadi komponen pengujian KIR. Para awak media yang tak menyangka Budi akan masuk ke kolong mobil, langsung berebut mengabadikan momen. (Rus)

BACA :  Banjir Rendam Jalan Depan Kantor Wali Kota Cilegon



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler