Daftar 10 Destinasi Wisata Menawan di Kabupaten Serang, Worth It Guys…

Date:

 

Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Serang. (Istimewa).

Serang- Selain dikenal sebagai kawasan industri, Kabupaten Serang juga memiliki sederet tempat wisata yang indah, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, seni dan budaya, wisata sejarah, hingga wisata religi. Menjelang liburan lebaran dan hari raya, sejumlah tempat wisata di Kabupaten Serang selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Hamdani mengatakan, Pemerintah Kabupaten Serang melalui Disporapar Kabupaten Serang terus mengembangkan destinasi wisata. Hasilnya, puluhan objek wisata hadir dan mampu menjadi magnet bagi wisatawan.

“Ada banyak destinasi wisata favorit di Kabuaten Serang. Selain wisata pantai Anyer-Cinangka, di Kabupaten Serang juga masih ada kawasan wisata alternatif lainnya yang bisa dikunjungi. Seperti desa wisata Cikolelet di Cinangka,” kata Hamdani.

Nah, jika Anda berkunjung ke Kabupaten Serang, berikut 10 destinasi wisata favorit yang bisa menjadi pilihan saat Anda berlibur bersama keluarga atau teman:

River Tubing

Jika Anda pecinta olahraga yang memacu adrenalin, mencoba river tubing atau arung jeram bisa jadi pilihan tepat.  River Tubing Cikalumpang, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, adalah tempat yang sesuai. Soal keselamatan, pengelola membekali peralatan yang cukup aman mulai dari jaket pelampung, sepatu, helm, dan ban.

Selain memiliki arus dan jeram yang representatif bagi pecinta olahara river tubing, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang mnawan.  Meski baru berjalan selama dua bulan, namun objek wisata tersebut menyedot perhatian masyarakat sekitar. Untuk berjalan ke lokasi tempat tubing, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer.

Pantai Karang Bolong

Eksotisme Pantai Karang Bolong yang berada di ruas jalan utama Anyer-Carita, memiliki tebing karang besar yang berlubang. Batu karang yang membentuk setengah lingkaran dengan lubang ditengahnya tersebut merupakan daya tarik utama Pantai Karang Bolong ini. Mungkin jika Anda ingat dengan Obyek wisata di Bali yaitu Tanah Lot, bisa dikatakan juga Karang Bolong adalah Tanah Lot-nya Banten. Karena pengunjung dapat menggunakan batu karang tersebut sebagai background pada saat berfoto ria.

Berjarak sekitar 140 km dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Kota Jakarta. Berjarak sekitar 50 km dari Kota Serang. Jika Anda dari Jakarta menggunakan transportasi pribadi, Anda dapat mengambil jalur Jakarta-Merak dan keluar menuju pintu tol Cilegon Timur. Kemudian arahkan kendaraan Anda ke arah selatan melalui Jalan Raya Anyer-Carita.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang bisa disebut ‘surga yang tersembunyi’ lamtaran keindahan alamnya yang menawan. Dahulu, Pulai Sangiang merupakan wilayah konservasi dan cargar alam yang memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Dengan lingkungan pulau yang masih hijau alami dengan hutan tropis, pantai berpasir putih dengan airnya yang biru dan tenang seakan menambah keeksotisan Pulau Sangiang. Jika Anda suka snorkeling dan diving, Anda bisa melihat pemandangan biota laut di Pulau Sangiang.

Pulau Sangiang sendiri memiliki  luas kurang lebih 700 ha dan hanya terdapat  sekitar 40 kepala keluarga. Di Pulau Sangiang terdapat sekitar 10 rumah warga asli yang terpencar di beberpa penjuru Pulau Sangiang. Pulau Sangiang Banten secara administratif masuk dalam wilayah Kampung Pulau Sangiang, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Semakin hari, Pulau Sangiang menjadi destinasi wisata yang banyak diburu para wisatawan.

Pulau Tunda

Pulau Tunda merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta sangat cocok dijadikan sebagai pilihan untuk mengisi liburan singkat kamu. Pulau Tunda memiliki luas sekitar 300 hektare dan jumlah penduduk nya mencapai 3000 orang pada tahun 2007 lalu.

Keindahan pantai serta lautnya belum di eksplore lebih jauh. Potensi wisata yang menarik bisa kamu lihat dari Pulau Tunda mulai dari berlayar dengan melihat panorama laut serta lumba – lumba, memancing, snorkeling, diving, melihat sunset dan sunrise. Obyek wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi snorkeling dan diving. Spot diving dan keramahan penduduknya menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Gunung Pinang

Destinasi wisata Gunung Pinang bisa dibilang wisata keinian yang tengah naik daun. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan luas lautan, Kota Serang, Kota Cilegon, dan Pulau Panjang yang sangat jelas. Bagi Anda yang suka berswafoto, terdapat juga spot swafoto yang cukup unik. Seperti sayap kupu-kupu, balon udara, jembatan berbentuk cinta, dan tak ketinggalan gardu pandang. Selain dapat menyalurkan hobi fotografi, Sahabat Sporto yang gemar olahraga ekstrem juga dapat menjajal lintasan alam Gunung Pinang.

Akses untuk menuju wisata alam ini cukup mudah, karena lokasinya berdekatan dengan perkotaan Serang, tepatnya berada di Jalan Raja Serang – Cilegon. Jika Sahabat Sporto datang dari Jakarta, masuk ke tol Jakarta – Merak menuju arah Serang dan keluar pintu tol Serang Barat. Kemudian lanjutkan perjalanan sekitar 5km ke arah Cilegon.

Batu Kuwung

Meski tak sepopuler Pantai Anyer, pemandian air panas Batu Kuwung sudah dikenal lama masyarakat. Sumber air panas pegunungan ini dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Pemandian air panas ini kerap ramai dikunjungi wisatawan baik saat libur Lebaran maupun hari libur lainnya. Wisatawan bisa menikmati sensasi panasnya air panas dari sumber mata air di bawah kaki Gunung Karang yang bersuhu air sekitar 70-80 derajat.

Air panas di tempat ini konon memiliki khasiat menyembuhkan penyakit rematik, pegal linu, sering kesemutan dan beberapa penyakit lainnya. Pada umumnya, air panas alami mengandung belerang. Namun air panas di pemandian ini mengandung iodium. Jadi tidak berbau. Ada dua pilihan untuk berendam. Pertama, di kolam terbuka dan bersama-sama pengunjung lain dan fasilitas pribadi di dalam kamar-kamar yang sudah disediakan. Di sini juga tersedia dua kolam renang air dingin untuk dewasa dan anak-anak.

Pemandian Cirahab

Berlokasi di Desa Cirahab, Kecamatan Pedarincang, Kebupaten Serang, kolam pemandian Cirahab merupakan tempat wisata keluarga seru bagi Anda yang gemar bermain air. Sekitar satu jam perjalanan dari Kota Serang, lokasi kolam pemandian ini berada di desa yang masih sangat asri. Terlebih, sumber airnya berasal dari pegunungan sehingga masih jernih dan alami.

Perjalanan dari Kota Serang bisa melalui rute ke arah perempatan Pal Lima, lalu mengambil arah Ciomas-Padarincang. Sesampai di pertigaan Pasar Ciomas, berbelok ke kanan. Suasana perjalanan dengan pemandangan persawahan, Gunung Karang dan Gunung Pulosari, membuat lamanya perjalanan terasda lebih singkat.

Taman Mahkota Ratu

Untuk menikmati indahnya pemadangan alam yang asri namun tetap asyik tak harus jauh-jauh. Jika di Yogyakarta ada Sawah Dlingo, di Banten ada Sawah Sukaratu, di Kabupaten Serang, tepatnya di Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal telah hadir spot wisata seru yang sedang hits. Taman Kota Ratu, mengusung tema alami tapi kece.

Tempat wisatai ini menyajikan sebuah jembatan sawah yang membentuk seperti mahkota yang sesuai dengan namanya, Taman Mahkot Ratu. Uniknya kamu bisa mengelilingi area pertengahan sawah tanpa harus berkotor-kotoran, karena kamu bisa berjalan diatas jembatanyang terbuat dari bambu.

Jangan salah, jembatan sawah ini merupakan spot foto yang instagrammable. Kamu bisa berfoto-foto sepuasnya di area ini. Selain itu, kamu bisa menggunakan properti yang disediakan oleh pengelola berupa topi sawah. Topi ini biasa disebut rerukuh atau dudukuy.

Mercusuar Cinangka

Pantai Mercusuar ini berlokasi di kampung Bojong, Cikoneng, Anyer, Provinsi Banten. Di pantai ini berdiri sebuah bangunan mercusuar setinggi 75.5m, yang berfungsi sebagai panduan dan petunjuk kapal-kapal yang sedang berlabuh di sekitar perairan laut Banten.

Menara ini memiliki sekitar 280 lebih anak tangga, jika Anda bersiap menaiki menara ini, Anda akan melihat indahnya panorama dari ketinggian yang dahsyat. Pemandangan pesisir pantai yang menawan, panorama lautan lepas dengan kapal-kapal pesiar akan tersaji dari menara ini. Bahkan jika kondisi cuaca baik Gunung Anak Krakatau juga akan terlihat dengan jelas dari atas menara.

Selain menara putih yang berdiri kokoh, di Pantai Bojong ini juga dibangun sebuah tugu. Tugu ini konon menyimpan sejarah buruk bangsa kita pada masa penjajahan. Tugu ini dikenal dengan Nama Tugu Nol KM Anyer-Panarukan 1806 Akl. Disinilah tempat dimana sejarah mulai dibangunnya jalan dari anyer hingga ke Panarukan, Jawa Timur.

Desa Wisata Cikolelet

Desa Wisata Cikolelet telah ditetapkan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjadi yang pertama sebagai desa wisata di Kabupaten Serang. Berdekatan dengan wisata Pantai Cinangka dan Anyer, Desa Cikolelet sangat strategis untuk berlibur di akhir pekan.Empat potensi wisata alam yang wajib dikunjungi saat berada di Desa Cikolelet yakni Gunung Pilar, Puncak Cibaja, serta air terjun Curug Kembar dan Curug Lawang. Di Puncak Pilar saat ini dikembangkan berbagai permainan outbond dan flying fox.

Wisatawan juga bisa berfoto di aneka spot foto dengan latar belakang gunung dan yang terfavorit adalah spot ayunan langit. Spot satu ini memang digandrungi di berbagai daerah seperti di Jogja, Semarang, Bandung dan tak terkecuali di Serang.

Selain objek wisata alam, terdapat kegiatan ekonomi kreatif seperti pembuat emping melinjo, penyulingan minyak sereh wangi, serta peternakan kambing etawa atau susu kambing etawa. Ada pula kesenian dan budaya masyarakat seperti rudat, rampak kasidah, calung, kendang pencak silat, dan debus. (ADVERTORIAL)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related