Connect with us

Advertorial

Job Fair Kota Serang Diserbu Warga, Pemkot: Rangkaian HUT Kota Serang ke 12

Published

on

Wali Kota Serang Syafrudin ketika meninjau salah satu Stand Job Fair Kota Serang. (BantenHits.com/Mahyadi).

Serang- Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyelenggarakan kegiatan pameran bursa kerja (Job fair).

Job Fair Kota Serang Tahun 2019, dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Serang Yang ke-12.

Dalam sambutannya, Wali Kota Serang H. Syafrudin S. Sos, M. Si menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam pelaksanaan Job Fair Kota Serang 2019.

“Mengawali sambutan ini, atas nama pemerintah Kota Serang, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam aktifitas penyelenggaraan job fair kota serang tahun 2019, terutama kepada dinas tenaga kerja dan transmigraai Kota Serang atas upaya dan kerja kerasnya menyelenggarakan kegiatan ini,”ucapnya, Selasa, 23 Juli 2019.

Wali Kota melanjutkan, bahwasanya pameran bursa kerja atau job fair, dilaksanakan untuk mempertemukan secara langsung para pencari kerja kepada perusahaan pengguna tenaga kerja, dan dalam pelaksanaannya diharapkan mampu menyerap angkatan kerja sebanyak-banyaknya, sehingga dapat menekan angka pengangguran di Kota Serang.

“Tujuan umum pembangunan bidang ketenagakerjaan di kota serang adalah membentuk iklim sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung produktifitas tenaga kerja sehingga dapat hidup layak, berkualitas, dan sejahtera. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan pembangunan bidang ketenagakerjaan adalah meningkatnya jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan,”ungkapnya.

Namun, lanjut Syafrudin, upaya pencapaian tujuan tersebut tidaklah mudah, karena dengan adanya jumlah penduduk yang semakin besar, telah membawa akibat terhadap jumlah angkatan kerja yang semakin besar pula.

“Di sisi lain, ini berarti bahwa semakin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan yang akan menimbulkan masalah ketenagakerjaan, khususnya masalah penyediaan lapangan pekerjaan yang memadai. Permasalahan mengenai kesempatan kerja ini menjadi semakin penting dan mendesak, karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih cepat daripada pertumbuhan kesempatan kerja yang tersedia,” tambahnya.

Berdasarkan beberapa hal diatas, masih kata Syafrudin, maka perlu diselenggarakan kegiatan pameran bursa kerja (job fair) Kota Serang 2019, guna memfasilitasi pertemuan antara par pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja (perusahaan).

Syafrudin berharap melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa mempercepat pertemuan antara kedua belah pihak baik pencari kerja maupun perusahaan, dimana kedua belah pihak dapat bertemu secara langsung, sehingga mempercepat proses penempatan.

“Harapannya tentu pengguna tenaga kerja atau perusahaan dapat menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sedangkan pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang up to date dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya,”jelasnya.

Ribuan warga ketika memadati Job Fair Kota Serang. (BantenHits.com/Mahyadi).

Di akhir sambutan, Syafrudin mengajak semua pihak untuk tetap semangat dan ‘Aje Kendor’ dalam rangka membangun Kota Serang yang berdaya dan berbudaya.

“Dengan mengucap bismilahirrohmanirrohim, pameran bursa kerja (job fair) kota serang tahun 2019, resmi saya buka,”ucapnya saat membuka kegiatan, dilanjutkan dengan pemukulan rebana secara simbolis.

Sementara dalam laporannya, Kepala Disnakertrans Kota Serang Ahmad Benbela menyampaikan, kegiatan Job Fair Kota Serang 2019 diikuti oleh 35 perusahaan.

“Ada 7.216 lowongan kerja yang tersedia, itu artinya sudah melebihi angka pengangguran tetap yang ada di Kota Serang. Mudah-mudahan putra-putri terbaik dari Kota Serang bisa diterima kerja melalui kegiatan job fair ini,” ungkap Kepala Disnakertrans Kota Serang Ahmad Benbela, saat di wawancara usai pembukaan.

Selain ribuan lowongan kerja, salah satu peserta dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) juga ikut serta dalam kegiatan tersebut dan membuka sebanyak 200 lowongan beasiswa untuk kuliah di berbagai jurusan yang ada di UMT.

Berdasarkan data yang tersaji di www.jobfairkotaserang.com, sebanyak 35 perusahaan mulai dari bank, hotel, finance, otomotif, ritel, distributor, bahkan universitas ikut ambil bagian di ajang pameran bursa kerja (job fair) kota serang 2019 ini.

Selama berlangsung kegiatan berbagai fasilitas mulai dari mobil toilet, musholla, corner food (area kuliner), ruang pendaftaran registrasi ulang, 2 unit mobil ambulans beserta tenaga medis, hingga fasilitas kebersihan di lokasi.

Tak kalah menarik, berbagai hiburan mulai dari tradisional hingga modern juga ditampilkan untuk memeriahkan dan meramaikan suasana di lokasi kegiatan. (ADVERTORIAL)

Trending