Ridwan Setiawan Fokus Tingkatkan Perekonomian Desa Banjarsari Pandeglang Lebih Mandiri

Date:

Kepala Desa atau Kades Banjarsari, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Ridwan Setiawan. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Menjadikan masyarakat desa yang sejahtera dan meningkatkan perekonomian masyarakat secara mandiri menjadi impian Kepala Desa atau Kades Banjarsari, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Ridwan Setiawan. 

Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Pusat selalu ia gunakan sebaik-baikknya untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat, baik dari segi ekomomi maupun pembangunan.

“Motivasi menjadi kades banyak sih, kalau salah satunya ingin mensejahterakan desa, mentrasfarankan dana desa, dan menggali potensi desa,” kata Ridwan, saat ditemui di Kantor Desa Banjarsari, Selasa  19 November 2019.

Kantor Desa Banjarsari, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang. Di bawah kepemimpinan Ridwan Setiawan, Desa Banjarsari fokus meningkatkan ekonomi desa supaya lebih mandiri. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Desa Banjarsari merupakan desa yang terletak pada wilayah perbatasan Kecamatan Kaduhejo dan Kecamatan Banjar, dengan luas wilayah sekitar 1.300 hektar dan jumlah penduduk 2.800 jiwa. Desa Banjarsari memiliki 7 kampung, 10 RT dan 4 RW. 

Ridwan mengatakan, semenjak dilantik sebagai kades Banjarsari beberapa tahun yang lalu, salah satu program unggulan yang dijalankan adalah meningkatkan potensi desa di bidang pertanian.

“Potensi di banjarsari pertanian, perkebunan ada beberapa yang menanam durian, kelompok ikan, untuk ternak ikan alhamdulillah sekarang kami sudah mencoba dengan teknologi baru gypark, alhamdulillah hasil cukup maksimal,” ujarnya. 

Pria kelahiran 1986 tersebut terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam segi pertanian. Pihak desa juga sudah bekerjasama dengan salah satu PT yang berdiri di bidang cocok tanam. 

“Untuk palawija (timun, cabe, semangka, dll). Kami bekerjamsam deng PT. Panamerah, alhamdulillah meraka memberi lapangan pekerjaan untuk masyarakat desa,” jelasnya. 

Kepala Desa Banjarsari Pandeglang Ridwan Setiawan berfoto bersama para pegawai desa. (BantenHits.com/Engkos Kosasih)

Lanjut Ridwan, pada tahun 2019 ini tahap satu, dua dan tiga serapan anggaranya telah tercapai. pada tahap satu jalan paving blok sekitar 200 meter dan pembangunan drenase 100 meter di Kampung Rahong. Tahap ke dua pembangunan jalan rabat beton di Kampung Rahong volume 100 meter dan pemebelian mobil siaga desa. 

Untuk tahap ketiga pembangunan puskesmas desa, pembangunan paving blok Kampung Lebak Purut 240 meter. paving blok Kampung Jurug Luhur volume 120 meter. Pembangunan rambat beton jalan Kampung Kamancing volume 100 meter. 

Adapun hal lainnya Ridwan mengatakan untuk pemberdayaan masyarakat, pelatihan kader PKK, pelatih perangkat desa, dan pelatihan organisasi karang taruna. 

“Saya bersyukur manfaat pembangunan sudah dapat dirasakan oleh masyarakat. Rencana saya dalam sisa 4 tahun menjabat, saya berharap insfrastruktur desa terus meningkat, dan sumber pontesi masyarakat bisa terbangun juga dan masyarakat bisa sejahtera,” tandasnya. (ADVERTORIAL)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related