Connect with us

Berita Terbaru

1.046 Warga Indonesia Positif Corona, Pemkab Pandeglang Izinkan APBDes Dipakai Tangani Pencegahan

Published

on

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan bersuara soal mundurnya delapan Prades di Desa Bojon Wetan, Sobang, Pandeglang. Ia beranggapan para Prades mundur lantaran ada tekanan dari tim sukses Kades terpilih. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang meminta agar seluruh desa yang ada di Kabupaten Pandeglang berperan aktif menangkal penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran nomor 142.25/793-DPMPD/2020 tentang Pemanfaatan APBDes TA 2020 dalam rangka pencegahan kejadian luar biasa (KLB) penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pandeglang.

“Kemarin-kemarin desa tidak di libatkan dalam menangkal Covid-19, tapi sekarang kita mulai libatkan,” kata Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan, Jumat, 27 Maret 2020.

BACA :  Lima Mobil dan Enam Motor Turut Disita dari Lokasi Pengoplosan Gas di Ciater

Menurut Doni, dalam SE itu berisikan tiga point yang mesti dilaksanakan seluruh Kepala Desa (Kades). Pertama, pemerintah desa dapat memanfaatkan APBDes TA 2020 untuk kegiatan pencegahan Covid-19.

Kedua, desa diminta membuat dokumen peraturan Kades tentang perubahan penjabaran APBDes. Ketiga pihak desa memprioritaskan untuk kegiatan pencegahan seperti menyediakan disinfektan, alat penyemprotan, tempat cuci tangan dan melakukan sosialisasi.

“Kita harapkan desa berperan aktif dalam menangkal wabah corona ini. Cuma mereka para Kades awalnya bingung, dana nya dari mana, tapi setelah kita arahkan baru mereka paham,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler