Apel Siaga Banten Ganyang Komunis Digelar Ahad Siang Ini di Alun-alun Serang Barat Dihadiri Ulama, Mahasiswa hingga Jawara

Date:

Forum Lintas Ormas Banten atau FLOB akan menggelar Apel Siaga Banten Ganyang Komunis, Ahad, 5 Juli 2020 di Alun-alun Serang Barat. (Istimewa)

Serang – Forum Lintas Ormas Banten atau (FLOB) kembali akan menggelar aksi melibatkan massa dari berbagai kalangan di Banten.

Kali ini aksi bertajuk Apel Siaga Banten Ganyang Komunis akan digelar Ahad Siang, 5 Juli 2020, jam 14.00 WIB di Alun-alun Barat, Kota Serang.

Informasi yang diterima BantenHits.com, undangan untuk mengikuti aksi telah disebar FLOB sejak Rabu, 2 Juli 2020. Surat undangan bernomor : 002/Und/AS/GK/VII/2020 mencantumkan nama Ketua FLOB, KH. Enting Ali Abdul Karim; Sekretaris, Boy Busyro Ayoub, dan Koordinator Kegiatan, Afaqier Abu Wildan.

Undangan ditujukan kepada ulama, habaib, pimpinan pondok pesantren, pimpinan Ormas/Orpol, pimpinan organisasi kepemudaan, mahasiswa, tokoh masyarakat, pimpinan majelis taklim, jawara dan pendekar, pimpinan paguron, dan seluruh masyarakat Banten.

Dihubungi BantenHits.com lewat WhatsApp, Sabtu malam, 4 Juli 2020, Sekretaris FLOB, Boy Busyro Ayoub memastikan aksi akan dihadiri berbagai elemen masyarakat di Banten.

“Untuk lembaga yang hadir InsyaAllah dari ormas-ormas, padepokan silat), laskar (pendekar), brigade, perguruan (silat), jawara dan tokoh-tokoh ulama,” kata Boy Busyro.

Hingga Minggu dini hari, 5 Juli 2020, seperti disampaikan Boy Busyro, sudah ada 39 lembaga yang akan mengikuti Apel Siaga Banten Ganyang Komunis. Berikut daftarnya:

1. BPAM
2. PA 212 Cilegon
3. PADI MEDIKA Banten
4. FBM
5. BPPKB
6. FPUIB
7. LUIB
8. GPSM
9. Mathla’ul Anwar Banten
10. PPPKRI-(BN) MADA II CILEGON
11. LMC Lebak
12. GRB RI
13. APIB BANTEN.
14. Lebak Membara Community/ LMC
15. SEMUT BANTEN
16. HIMMA/ MAFTAULANWAR
17. PERISAI BANTEN
18. FUI PALKA
19. MASLAHAT BANTEN
20. Ormas KKPMP seluruh Banten
21. Laskar Banten
22. Banten Peduli
23. Yoseph H ( Ang FKPPI PD 27 Banten)
24. LMP Perjuangan Banten
25. BADAK BANTEN
26. GARDAPATI INDONESI
27. Relawan anak Banten
28. PPPKRI-BN.Mada II Serang
29. Relawan 212 Mart
30. PSPMP
31. Purtuni Cilegon
32. LAPBAS Banten
33. Padepokan Manggala
34. Laskar Macan Ali Banten
35. BALADIKA 08
36. Padepokan Assyifa
37. BELA NEGARA
38. PP KOBAME
39. PRANKMOR

Aksi serupa sebelumnya pernah digelar FLOB, Jumat, 26 Juni 2020 di Masjid Agung Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Aksi bertajuk ‘Apel Akbar Bela Islam Bela NKRI’ memprotes Rancangan Undangan-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Teriakan ‘Ganyang PKI’ menggema sepanjang aksi berlangsung.

Sehari kemudian, aksi serupa digelar Forum Umat Islam Palima Cinangka atau FUI Palka, Kabupaten Serang, Sabtu, 27 Juni 2020.

Selain menyuarakan penolakan terhadap RUU HIP, massa aksi yang memadati Masjid Nur Abdilah, Ponpes Annajah, Cinangka meminta pengusul RUU HIP ditangkap karena akan melakukan makar mengubah Pancasila dengan ekasila dan trisila.

Dalam pernyataan sikap tertulis yang diterima BantenHits.com, penolakan RUU HIP disuarakan 29 lembaga di Palima Cinangka, mulai dari Ormas Islam, perguruan silat, persatuan pendekar, hingga pimpinan pondok pesantren dan ormas kepemudaan.

Dalam webinar yang diselenggarakan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia atau AGSI Banten, Senin, 29, Juni 2020, terungkap dalam kurun 1925 – 1926, sejumlah tokoh ulama dan jawara Banten di masa lalu ada yang bergabung Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Ulama, jawara dan PKI di masa itu berkolaborasi melawan kolonialisme yang mencengkram Indonesia, termasuk Banten.

Webinar bertajuk ‘Tinjauan Kritis Revolusi 1926 di Banten; Pemberontakan PKI atau Perang Sabil?’ dihadiri dua sejarawan kenamaan asal Banten, yakni Bonnie Triyana, Pemimpin Redaksi Historia.id dan Mufti Ali, pengajar di UIN SMH Banten. Presiden AGSI, Sumardiansyah Perdana Kusuma membuka langsung jalannya diskusi ini.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related