Lantik Dua Pjs Bupati di Banten, Wagub Andika Ingin Pilkada di Tengah Pandemi Sukses dan Kesehatan Warga Terjaga

Date:

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy saat Melantik Dua Pjs Bupati Pandeglang dan Serang (ISTIMEWA)

Serang – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy resmi melantik dua Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pandeglang dan Serang, di Pendopo Gubernur Banten, Sabtu 26 September 2020.

Kedua pejabat Pemprov eselon II itu yakni,
Kepala Biro Pemerintahan Setda Banten, Gunawan Rismanto dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ade Ariyanto.

Gunawan diberikan kepercayaan sementara waktu untuk menggantikan Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Ade Riyanto dipercaya untuk menggantikan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, yang mengikuti Pilkada di wilayahnya.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, Pjs kepala daerah harus berpegang pada Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 74 Tahun 2016.

“Tugas utama Pjs kepala daerah adalah memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada dan serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN),” kata Andika dalam sambutannya.

Andika juga menyarankan, agar para Pjs mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada di wilayahnya masing-masing, serta penanganan Covid-19 khususnya penerapan protokol kesehatan di masyarakat kedua wilayah tersebut. 

“Karena (Pilkada) digelar di tengah pandemi, saya berpesan agar para Pjs dapat menyukseskan penyelenggaraan Pilkada ini tanpa membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat karena Covid 19,” jelasnya.

Ia meminta agar Gunawan dan Ade segera melakukan konsolidasi dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan Perangkat Daerah di lingkungan Pemda masing-masing agar kondusifitas, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta netralitas PNS terjaga selama tahapan Pilkada. 

Sementara, Ade Aryanto mengaku, akan melaksanakan amanat sebagai Pjs Bupati Serang tersebut dengan sebaik-baiknya. Ia juga akan segera melakukan konsolidasi internal di Pemkab Serang, dan eksternal dengan instansi terkait.

“Prinsipnya sebagai aparat pemerintah, saya siap dengan penugasan ini. Terlebih ini kan kondisi khusus dimana Pilkada digelar di tengah situasi pandemi seperti ini,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...