Usulkan Tiga Raperda Baru ke DPRD, Bupati Serang Ungkap Hal Ini

Date:

Ilustrasi Raperda (Google)

Serang – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengusulkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada tahun 2021 ini. Ketiga Raperda itu meliputi Raperda tentang PDAM Tirta Albantani, Keolahragaan, dan Raperda Disdukcapil.

Ketiga Raperda tersebut diusulkan dalam
rapat paripurna Penyampaian Raperda Usul Prakarsa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Raperda yang berasal dari Bupati Serang, Kamis 11 Februari 2021.

Tatu menjelaskan, terkait Raperda Disdukcapil yang melayani pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) saat ini Disdukcapil mempunyai 17 UPT (Unit Pelaksana Teknis) di 29 Kecamatan. Sehingga pelayanannya akan lebih dimaksimalkan.

“Kami punya 17 UPT, nah ini kalau dioptimalkan di lapangan, masyarakat tidak perlu lagi ke dinas (Disdukcapil) lebih dekat. Lebih mendekati pelayanannya kepada masyarakat,” jelasnya.

Politisi Partai Golkar Banten ini menuturkan, berkait Raperda PDAM akan diupayakan untuk pusat PDAM berada di wilayah Kabupaten Serang. Karena saat ini, menurutnya masih berada di wilayah Kota Serang.

“Jadi nanti pindah, pusatnya harus di wilayah Kabupaten Serang. Untuk kantor yang saat ini bisa dijadikan untuk cabang PDAM. Kemudian juga untuk lebih mengoptimalkan kinerja peran dewan pengawas (Dewas),” tuturnya.

Selain itu, tambah Tatu, perihal Raperda tentang Keolahragaan karena Pemkab Serang belum mempunyai raperda keolahragaan. Padahal, atlet-atlet asal Kabupaten Serang banyak yang berprestasi sampai ke tingkat nasional.

“Jadi supaya diatur olahraga untuk atlet dan lain sebagainya,” paparnya.

Saat ditanya apakah akan mengalokasikan 2 persen dana APBD untuk keolahragaan dengan diajukannya Raperda Keolahragaan, Tatu berharap bisa kearah penganggaran tersebut.

“Karena olah raga profesional perlu adanya pembinaan yang tentunya perlu ditunjang dengan biaya. Sarana prasarana juga juga belum punya, jadi kalau ada Perda kami bisa lebih luas,” pungkas Tatu.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...