Sudah Setahun Gorong-gorong Penghubung Antar-kampung di Majasari Pandeglang Dibiarkan Rusak

Date:

Warga saat Memperbaiki Gorong-gorong yang Nyaris Terputus di Kecamatan Majasari, Pandeglang (BantenHits.com/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Sudah hampir satu tahun, gorong-gorong penghubung antar Kampung Babakan, Jeungjing dan Pakuhaji Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari mengalami kerusakan.

Meski demikian, gorong-gorong tersebut tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Melihat kondisi tersebut warga berinisiatif membangun kembali jembatan secara swadaya.

Tokoh masyarakat sekitar, H. Oji Fakhruroji mengatakan, pembangunan ini sudah lama diidamkan-idamkan oleh warga. Namun karena keterbatasan biaya, sehingga pembangunan baru bisa dilaksanakan setelah uang hasil iuran terkumpul.

“‎Jembatan (Gorong-gorong) ini sudah hampir satu tahun dibiarkan rusak, warga sudah melaporkanya dengan instansi terkait seperti kelurahan. Pada akhirnya masyarakat berinisiatif untuk iuran membangun jembatan ini. Karena ini satu-satunya akses yang mudah dan dekat,” katanya, Minggu 28 Maret 2021.

Tak hanya gorong-gorong, warga juga menambal jalan yang sudah rusak dan berlubang dengan adukan semen pasir. Keinginan warga untuk membangunan jalan secara swadaya ini berawal dari kondisi jalan yang sudah rusak berat dan memprihatinkan.

“Alhamdulillah kalau warga di semuanya kompak gotong royong. Tak hanya jembatan yang kita bangun jalan yang berlubang kita tambal,” tambah Fakhruroji.

Ditempat yang sama, seorang warga, Sobri menuturkan penambalan jalan ini akan di lanjutkan sampai selesai walaupun keadaan dana terbatas.

“Ini budaya masyarakat kami bergotong royong, rencana akan kami lanjutkan untuk menambal jalan yang rusak parah. Semoga ada donatur atau pemangku kepentingan yang ingin mewakafkan hartanya untuk pembangunan jalan nanti,” harapnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...