Dikira Pocong Pas Ditangkap Ternyata Bawa HP Vivo Y53 dan NOKIA 3

Date:

Ilustrasi: Akun Facebook Polsek Mandalawangi, Pandeglang memosting foto pocong jadi-jadian yang viral. Polsek Mandalawangi mengklarifikasi isu penangkapan pocong jelmaan seorang anak yang durhaka adalah tak benar. (Facebook/ Polsek Mandalawangi)

Cilegon – Jangan percaya takhayul dan hal viral yang belum terbukti kebenarannya! Setidaknya pesan ini bisa dipetik dari video viral soal pocong lari di atap rumah warga.

Video yang menggemparkan jagat maya di Banten ini terjadi Selasa, 23 Maret 2021 sekitar pukul 01.00 WIB di Lingkungan Babakan Turi RT 04/02, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Bayangan putih dalam video yang berlari di atap rumah warga ini disebut netizen penampakan pocong. Video ini tersebar di media sosial hingga akhirnya viral.

Padahal, bayangan putih yang disangka pocong itu sebenarnya adalah maling yang lari ke atap rumah warga karena aksinya ketahuan.

Dikutip BantenHits.com dari detik.com, maling yang viral dikira Pocong ini telah ditangkap polisi. Pelaku berinisial RS ditangkap sepekan setelah videonya viral.

Kapolsek Pulomerak, Kompol Rifki Seftirian mengatakan, pelaku masuk ke rumah seorang warga di Lingkungan Babakanturi, RT 04/02, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Pelaku lari ke atap karena terjatuh dari atap rumah saat menjalankan aksinya.

“Pelaku berinisial RS yang diduga pelaku pencurian dengan cara masuk ke dalam rumah korban Y melalui jendela kamar. Pelaku RS berhasil kami amankan berikut barang buktinya, yaitu 1 buah handphone merek Vivo Y53 dan 1 buah handphone merek NOKIA 3 pada saat ditangkap barang tersebut ada pada pelaku RS,” kata Rifki, Selasa, 30 Maret 2021.

Rifki menjelaskan pelaku RS sempat viral di media sosial karena dikira pocong. Aksinya itu direkam oleh salah seorang warga. Video itu kemudian viral di media sosial dengan narasi pocong lari di atap rumah warga.

Setelah ditelusuri, rekaman itu ternyata maling yang ketahuan saat menjalankan aksinya hendak masuk ke rumah salah seorang warga. Polisi menegaskan video itu bukan sesosok pocong, tapi maling.

“Dari hasil ungkap kasus tersebut kemudian di dapat juga keterangan dari warga setempat bahwa yang selama ini viral di media sosial tentang berita maling berwujud pocong itu ternyata tidak benar, karena gambar yang diduga sebagai pocong tersebut adalah gambar orang/warga yang sedang ikut mencari orang yang diduga akan melakukan pencurian di rumah warga sekitar tempat kejadian perkara (TKP),” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...