Connect with us

Berita Terbaru

Dana KIP Pelajar SMPN 2 Mauk Disunat Oknum Guru; Ketahuan, Buru-buru Kembalikan Uang

Published

on

Ilustrasi KIP. (Kompas.com)

Tangerang- Dana bantuan tunai Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi para pelajar SMPN 2 Kecamatan, Kabupaten Tangerang, diduga sempat disunat oleh salah seorang oknum guru.

Dugaan penyimpangan dana bantuan bagi pelajar yang merupakan program unggulan presiden Joko Widodo itu terjadi selama dua tahun yakni di tahun 2019-2020.

Salah seorang wali murid SMPN 2 Mauk  yang namanya ingin disamarkan, S (38) mengungkapkan, pemotongan dana bantuan KIP oleh oknum guru tersebut pertama kali dilakukan pada tahun 2019 lalu.

Saat itu, kata dia, ada pencarian dana KIP sebesar Rp 350 ribu. Namun, dana tersebut dipotong Rp 100 ribu dan yang diserahkan kepada siswa sebesar Rp 250 ribu.

BACA :  Aneh! Kadishub Cilegon Dijerat Pasal Suap tapi Penyuap Tak Ditangkap, Mahasiswa dan Pemuda Lapor Kejagung

“Selama anak saya sekolah di sana (SMPN 2 Mauk) buku tabungan BRI untuk pencairan KIP ini dipegang oleh pihak sekolah. Setiap ada pencairan baru diberikan kepada siswa,” Ungkap S saat dikonfirmasi BantenHits.com, Kamis 27 Mei 2021.

Bahkan, di tahun 2020 buku tabungan BRI yang digunakan untuk mengambil dana bantuan KIP yang sudah cair sama sekali tidak diserahkan kepada para siswa.

Padahal, di tahun 2020 lalu ada pencairan dana KIP sebesar Rp 750 ribu. Namun tidak ada satu pun siswa yang menerima bantuan tunai tersebut.

“Ketahuannya pas di tahun 2021 ini ada pencairan KIP Rp 350 ribu, kalau tahun ini buku tabungannya diserahkan kepada siswa. Tetapi pas punya anak saya di print out ada pencairan Rp 750 ribu di tahun 2020 tapi uangnya tidak sampai ke murid,” Tuturnya

BACA :  Kanit Intel Polsek Kelapa Dua Dikeroyok Massa Pengunjuk Rasa?

Dirinya mengaku pernah meminta penjelasan ke pihak sekolah terkait dana KIP tahun 2020 tersebut. Namun tidak pernah digubris oleh pihak SMPN 2 Kecamatan Mauk. 

“Semua siswa di tahun 2020 ini tidak ada yang menerima uangnya tetapi pada buku tabungan ada pencairan. Kemana hilangnya uang ini,” Katanya

Saat dikonfirmasi wartawan, Kepala Sekolah SMPN 2 Kecamatan Mauk Ratna membenarkan, adanya bantuan tunai KIP yang sempat ditilep oleh oknum guru tersebut. Namun, kata dia saat ini permasalahan itu sudah selesai.

Usai dugaan penyelewengan dana bantuan ini terkuak, dirinya langsung meminta yang bersangkutan untuk bertanggung jawab. Saat ini, dana KIP yang sempat dipakai untuk keperluan pribadi oknum guru itu sedang dalam proses pengembalian. 

BACA :  Wujudkan Pandeglang Berprestasi, Irna: Saya Ingin Seperti Risma

“Iya benar begitu adanya tapi saat ini masalahnya sudah beres. Uangnya sedang dalam proses pengembalian langsung disalurkan kepada siswa,” Tukasnya

BantenHits.com mencoba menelusuri jumlah penerima KIP di SMPN 2 Kecamatan Mauk, akan tetapi tidak ada yang mengetahuinya. Menurut beberapa guru, dana KIP tersebut merupakan kewenangan petugas bidang kesiswaan.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler